Ini dia hasil kajian tim independen terkait longsor di Sumedang

5 October 2016 23:57 WIB
 
0
Penampakan udara lokasi longsor Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan.
ISTIMEWA
Penampakan udara lokasi longsor Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan.

SUMEDANGONLINE: Pemerintah Kabupaten Sumedang telah membentuk Panitia Koordinator Independen Evakuasi Kabupaten Sumedang, yang bertugas untuk tiga RW, yakni RW 03 di Dusun Babakan Kampung Sukasari, Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan, RW 11 Lingkungan Cimareme, dan RW 10 Lingkungan Anjung, Kelurahan Pasanggrahan Baru Kecamatan Sumedang Selatan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Koordinator Independen Evakuasi, H Dadang, menyebutkan penyebab longsor di Lingkungan RW 10, Kelurahan Pasanggrahan Baru, karena debit hujan yang turun melebihi kapasitas pembuangan saluran yang dilakukan warga, tidak layak.
“Yang di RW 10, hasil penelitian yang telah kita lakukan ternyata penyebab banyaknya longsoran dari step perumahan itu. Disebabkan over debit, saat terjadi hujan. Kapasitas buang air hujan itu, yang tersedia kapasitas swadaya itu tidak layak karena tidak bisa memuat debit air, terlalu kecil,” ungkapnya.
Sementara untuk RW 10 Lingkungan Kampung Anjung, saat ini berharap pemerintah segera dapat mengatasi meluapnya saluran pembuangan dengan adanya perbaikan saluran air. Perlu adanya saluran pembuangan tersebut, lantaran di atas bukit ada pesawahan, sehingga jika turun hujan air merembes dan meluap sehingga menyebabkan longsor. (iwn)