Indahnya Tadarusan di SDN Cilangkap

18 July 2013 10:21 WIB
 

Tadarusan di SDN Cilangkap.
Tadarusan di SDN Cilangkap.
WADO-Mengisi keutamaan bulan suci Ramadan, siswa kelas 3 hingga 6 di SD Negeri Cilangkap Kecamatan Wado, mengintensifkan pesantren kilat (Peski) yang diisi dengan belajar fiqh dan tadarusan. Seperti terlihat pada Rabu (17/7).
“Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang kami selenggarakan untuk menanamkan jiwa religius di kalangan siswa dan guru. Terutama sekali dalam mengisi keutamaan bulan suci Ramadan, agar lebih berbobot. Jangan sampai, shaum yang kita laksanakan itu hanya sekedar menahan lapar dan dahaga saja,” kata Ade Titi, salahsatu guru pembimbing pada kegiatan Peski di SDN Cilangkap kepada Sumeks, kemarin.
Perempuan yang sudah mengabdi selama 18 tahun menjadi guru sukarelawan di SD tersebut, menyebutkan minat siswa untuk mengikuti Peski sangat tinggi. “Apalagi kan ada buku Ramadan yang harus diisi oleh para siswa, buku tersebut dipegang oleh masing-masing anak. Sehingga, dengan adanya buku tersebut, guru dapat melihat perkembangan anak setiap harinya,” tambahnya.
Bahkan, kata dia, setiap siswa diwajibkan untuk menghapal surat-surat pendek. “Paling utama mereka dapat menghapal 14 surat pendek, kita evaluasi. Setiap anak kita suruh ke depan untuk membacakan surat-surat pendek.”
Kepala SD Negeri Cilangkap, Sudirto pun, kata Ade Titi memberikan dukungan yang luar biasa untuk kegiatan tersebut. Kegiatan diselenggarakan setelah pulang sekolah sekitar pukul 10.30 hingga menjelang shalat dhuhur, begitu memasuki shalat dhuhur kata Ade Tuti, seluruh siswa dan guru melaksanakan shalat berjamaah.
“Pokoknya, kegiatan ini benar-benar melibatkan setiap guru. Sehingga dengan adanya kegiatan ini dapat menimbulkan kebersamaan antara guru dan murid, dan guru dengan guru,” pungkasnya. (ign)

BACA JUGA  Angka 434, Dimata Pentogel

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.