Hati hati ASN Tak Netral, 18 Kasus Sudah Masuk KASN

1 February 2018 01:58 WIB
 
0
Sanksi Tegas Menanti ASN Bandel, Jika Tidak Netral Saat Pilkada Serentak
goaceh
Sanksi Tegas Menanti ASN Bandel, Jika Tidak Netral Saat Pilkada Serentak

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

SUMEDANG – Peringatan yang tertuang dalam surat edaran Menpan RB, ternyata bukan isapan jempol. Sedikitnya ada 18 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang sudah terbukti tidak netral lantaran memihak pada salahsatu pasangan calon pada pemilihan kepala daerah 2018.
“Dari banyak laporan yang masuk ke Badan Pengawas Pemilu Jawa Barat, ada 18 kasus ASN yang sudah diproses dan ditindaklanjuti terbukti tidak netral. Padahal aturan jelas ASN harus netral,” tutur ketua Badan Pengawas Pemilu Jawa Barat, Harminus Koto.
Dia meminta agar Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN untuk segera menghukum mereka yang terbukti tidak netral. Menurut Harminus, 18 kasus ASN itu saat ini tengah dalam proses. Sehingga pihaknya tengah menunggu penindakan dan penerapan aturan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta Kementerian Dalam Negeri RI.
Selain ASN, disinyalir juga banyak lurah yang juga tak bersikap netral. Sedikitnya ada Sebelas kasus yang masuk berasal dari berbagai daerah termasuk Sumedang. ***