Hari Jadi Desa Hariang, Meriah

3 June 2014 10:19 WIB
 
0
1448

Bupati Sumedang saat bersalaman dengan warga Hariang.
Bupati Sumedang saat bersalaman dengan warga Hariang.
Desa Hariang Kecamatan Buahdua memperingati Milangkala Desa ke-369 yang dipusatkan di Bale Desa Hariang, Minggu (1/6). Acara tersebut dihadiri Bupati Drs H Ade Irawan, MSi setelah sebelumnya di hari yang sama mengikuti Pembukaan Pekan Festival Mesjid agung sumedang yang dihadiri Wakil Gubernur Jawa Barat H Deddy Mizwar.

Bupati yang didampingi oleh Kepala BPMPD Kabupaten Sumedang Drs H Subagio, MSi disambut Sekcam Jatinunggal dan unsur Muspika lainnya, Kepala Desa Hariang berikut jajarannya, Ketua dan anggota BPD serta LPMD, unsur TP PKK Kecamatan dan Desa, Karang Taruna dan warga setempat.

Kedatangan Bupati yang dalam kesempatan tersebut menaiki Kuda Renggong mulai dari Pasar Hariang sampai lokasi acara dielu-elukan oleh ratusan warga yang memadati sepanjang jalan dilalui rombongan Bupati. Dengan antusiasmeyang tinggi, mereka sudah menanti kehadiran Bupati di tengah-tengah mereka untuk bersama-sama berbagi kegembiraan dalam event tahunan tersebut.

Acara dimulai dari pagi dengan Gerak jalan santai Berhadiah yang diikuti oleh hampir seluruh masyarakat Desa Hariang. Berbagai penampilan dari perwakilan semua Dusun dan RW yang ada termasuk anak-anak sekolah turut meramaikan acara. Kesenian yang ditampilkan diantaranya Seni Angklung dari SMK Buahdua, Paduan Suara SMPN 2 Buahdua, dan Tari Jaipong oleh Nabila siswa SD yang telah menjuarai berbagai festival tari di Provinsi dan Nasional serta masuk 8 Besar ajang mencari bakat di salah satu TV nasional.

Sehari sebelumnya, Sabtu (31/5), dilaksanan acara Bina Remaja dan Pencerahan Warga dengan tema “Bhakti untuk Negeri Membangun Kebersanmaan dan kemajuan Hariang”. Narasumbernya adalah pendiri Forum Komunitas Muda Berencana Dini Desriani, SSos, MAPS yang menyampaikan materi Potensi Komunitas Muda Desa di Era Tantangan Global, praktisi kewirausahaan sosial Astan Jaya Tamburuka, MM dengan materi Pemberdayaan Komunitas Muda Hariang, Dosen jurusan PLS UPI Sumedang Dr Uyu Wahyudin, MPd dengan materi Budaya Ciciren Bangsa, dan praktisi hukum Ermayadi Mihardja, SH dengan materi Kesadaran Hukum Masyarakat.

Kades Hariang Tatang Rustandi menyampaikan bahwa Desa Hariang yang berdiri sejak tahun 1665 telah banyak mengalami perubahan dan kemajuan terutama setelah digulirkannya program-program pemberdayaan masyarakat oleh pemerintah. Perayaan Milangkala yang dikenal dengan Hariang Medal merupakan bentuk rasa syukur atas berbagai kemajuan yang diraih.

Disampaikan pula, kegiatan tersebut juga merupakan ajang untuk mempererat tali sialturahmmi antara warga masyarkat dengan para pemimpinnya, baik di tingkat desa, kecamatan, maupun kabupaten. “Dari pagi warga bersabar menunggu untuk bisa bertemu dengan pimpinan dari kabupaten. Oleh karena itu, kehadiran Bupati pada acara ini semakin menambah semangat masyarakat Hariang,”tuturnya.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan ucapan selamat dan ikut bergembira atas ulang tahun ke-369 seraya berharap agar seluruh masyarakatnya selalu berada dalam keberkahan. “Semoga kehadiran kami di sini menjadi motivasi bagi warga Hariang untuk terus memberikan yang terbaik dalam pembangunan di desanya,” ungkap Bupati.

Bupati menyampaikan aspirasinya atas sambutan warga yang begitu meriah dan partisipasi yang sangat tinggi untuk memeriahkan Hari Jadi desanya. “Saya menyampaikan aspirasi kepada Pa Kades berikut jajarannya, BPD, RT, RW. Sukses bagi semuanya bagi semua masyarakat dan pemerintahan Hariang,” ujarnya.

Bupati berkesempatan bersilaturahmi dengan anggota LVRI Desa Hariang dan Kecamatan Buahdua beserta pimpinannya Toha Risman. Sebelum beranjak pulang, Bupati menyempatkan bertakziah kepada keluarga Alm Tahri salah satu warga Hariang yang meninggal semalam. (*/rls)