Hanya Sekedar Disurvey, Pondasi Jembatan Cibodas Longsor

SUMEDANG – Tak kunjung diperbaiki, pondasi dari arah timur jembatan Cibodas di Dusun Wanasari RT 01 RW 01, Desa Wanasari, Kecamatan Surian tergerus air sungai Cibodas yang meluap sekira pukul 16.30, Senin (19/2/2018).

Imbas dari kejadian itu, jembatan yang terbuat dari balok kayu itu, tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. Beberapa waktu lalu aparatur Desa Wanasari sempat mengeluh terkait belum adanya sentuhan perbaikan terhadap jembatan yang menghubungkan Desa Wanasari dan Wanajaya itu. Meski sering diusulkan namun hingga saat ini realiasinya belum terbukti. ”Telah beberapa kali diusulkan kepada Pemda Sumdang, tapi yang datang hanya sekedar survey dan survey saja. Hasilnya nol besar, tidak ada realisasi hingga saat ini,” kata Tia Sutisna, sekretaris Desa Wanasari.

Kepala BPBD Kab. Sumedang, Ayi Rusmana dihubungi wartawan membenarkan terkait adanya musibah tersebut. ”Jembatan terputus dan sebagian pondasi di sebelah timur tergerus. Panjang jembatan 48 meter dan lebar 3,5 meter. Untuk sementara, kendaraan tak bisa melintasi jembatan tersebut,” katanya.

Agar bisa dilalui sementara Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Sumedang sudah melakukan pemasangan gelegar kayu agar jembatan bisa dilalui kendaraan. *** FORKOWAS

BACA JUGA  Pemkab Sumedang harus Segera Bangun BUMD

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.