Fapet Unpad Gelar Baksos Beri Obat Cacing pada Ternak

8 January 2015 13:15 WIB
 
1

Unit Kenal Lingkungan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran
Unit Kenal Lingkungan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran
Kegiatan Bakti Sosial berupa “Pemberian Obat Cacing terhadap Ternak Domba” di Desa Cileles kabupaten Sumedang oleh Unit Kenal Lingkungan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran 4 -5 Januari 2015.
Unit Kenal Lingkungan merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa di Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran yang bergerak di bidang olahraga alam bebas serta kelestarian lingkungan hidup. Unit Kenal Lingkungan sediri telah berdiri sejak tahun 1980 silam, tepatnya pada tanggal 8 September.
Sebagai salah satu perwujudan dari visi dan misi organisasi, yaitu menjadi unit kegiatan pencinta alam yang berlandaskan peternakan serta sebuah pelaksanaan dari program kerja tahunan yang telah dianggarkan, maka pada kesempatan kali ini kami melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa pemberian obat cacing terhadap ternak domba di Desa Cileles, kabupaten Sumedang. Bekerjasama dengan Disnak Provinsi Jawa Barat serta Disnak Provinsi Bandung, diharapkan kegiatan ini memberikan manfaat terlebih lagi untuk para peternak di Desa Cileles.
Cileles merupakan sebuah desa di kecamatan Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Desa ini terdiri dari 4 dusun 10 RW, dan 36 RT. Lokasi desa ini sangat dekat dengan Universitas Padjadjaran, bahkan sebagai perbatasan timur laut dari kampus. Desa ini berpotensi pada bidang pertanian, terlihat dari luas lahan yang diamati yang sebagian besar berupa lahan yang layak bagi pertanian. Secara geografis, desa ini juga mendukung pada proses dalam bidang pertanian, baik dari segi suhu rata-rata keseharian dan topografi tempat yang ada. Tak berbeda jauh dengan potensi di bidang pertaniannya, desa ini juga memiliki potensi yang cukup baik di bidang peternakannya. Terhitung jumlah populasi ternak di desa ini cukup besar. Namun, disamping potensinya yang terbilang menjanjikan, pengetahuan para peternak akan pentingnya kesehatan ternak masih terbilang kurang. Mayoritas diantara mereka hanya menerapkan pemeliharaan ternak dengan cara apa adanya dan berdasarkan atas apa yang telah orang-orang terdahulu mereka terapkan. Tak ayal, banyak dari ternak mereka yang merjangkit penyakit dan kebanyakan penyakit yang ditemui adalah cacingan (helminthiasis).
Penyakit cacingan mungkin terlihat sepele, namun apabila dicermati ternyata menimbulkan dampak yang cukup serius dalam memperngaruhi kesehatan ternak yang pada akhirnya akan berakibat langsung pada penurunan produksi. Ternak yang terjangkit cacingan akan mengalami kekurangan nutrisi atau gizi, sehingga daya tahan terhadap penyakit akan menurun, sehingga gampang terserang penyakit hewan lain khususnya penyakit insfeksi. Karena kekurangan nutrisi, ternak akan mengalami gangguan reproduksi, sehingga ternak akan sulit untuk menjadi bunting.
Membebaskan ternak dari penyakit cacingan sebenarnya sangat mudah dan murah. Ternak cukup diberi obat cacing secara rutin setiap 2 – 3 bulan sekali. Banyak jenis obat cacing yang beredar di pasar, namun obat cacing dengan spektrum luas yang mampu membunuh semua jenis cacing. Pada umumnya obat cacing yang berspektrum luas ini mengandung zat aktif albendazol atau oxbendendozol yang dalam pasaran berupa bentuk bolus atau larutan, dengan beberapa merk dagang diantaranya : Verm O, Worm Zol, Rintal Bolus, dll.
“Mencegah lebih baik daripada mengobati” mengacu pada kutipan tersebut, kami berupaya untuk berbagi informasi kepada para peternak mengenai kesehatan ternak, khususnya mengenai penyakit cacingan ini. Tak kami duga, animo dari masyarakat akan kegiatan ini begitu besar. Terutama dari para warga yang memiliki ternak, mereka terlihat begitu antusias akan kegiatan ini. “Ternak kami sebelumnya tidak pernah diberi obat cacing, allhamdullilah sekarang ada yang datang kesini dan memberikannya secara cuma-cuma” ujar Rahmat salah seorang peternak domba disana. Para peternak di desa Cileles berharap akan ada kegiatan selanjutnya dari pihak dinas setempat atau bidang yang terkait mengenai usaha ternak mereka. Mereka juga berharap agar kegiatan yang telah dilakukan ini bermanfaat bagi semua. Salam peternak! Salam lestari! (*/rls/ukl/helmy)

PROMO CONTENT
loading...

1 COMMENT