Dua Ahli Pertanian Jepang Ini Sampaikan Kuliah Umum di IPB

27 February 2018 15:19 WIB
 
0

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

SUMEDANG ONLINE: SEKOLAH Bisnis (SB) Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar kuliah umum yang menghadirkan ahli pertanian Jepang, Tetsuro Shimizu dari Norinchukin Research Rice Farming and Food Policy in Japan dan Prof Mikio Umeda dari Yanmar co., Ltd (27/2). Kuliah umum ini merupakan kerja sama SB IPB dengan The ASEAN Secretariat, Ministry of Agriculture, Forestry and Fisheries (MAFF).

Direktur SB IPB, Prof. Dr. Noor Azam Achsani, mengatakan, kuliah umum ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman bagaimana proses pengelolaan pangan yang sangat diutamakan oleh pemerintah Jepang. “Kita harus belajar tentang pangan ke Jepang. Bagaimana melindungi pangan mereka dari serbuan pangan dari luar negeri,” ujar Prof Azam.

Oleh karena itu, Prof. Azam berharap semoga apa yang dipelajari bisa memberikan perspektif baru terkait pertanian dan teknologi pangan bagi mahasiswa. “Kami mengucapkan terima kasih kepada ASEAN Secretariat yang telah berbagi ilmu pengetahuan,” imbuhnya.

Hatano Eiji dari The ASEAN Secretariat menyampaikan, proyek ini sudah berjalan tiga tahun. Ini merupakan tahun ke-3 kerja sama dengan IPB. Kerja sama dibangun tidak hanya dengan IPB, tetapi juga kerja sama dengan negara lain di ASEAN.

Hatano mengatakan, dalam menjalankan program ini, pihaknya memanggil para ahli pertanian dari Jepang. Tercatat sebanyak 50 perusahaan dan 200 profesor yang dipanggil untuk memberikan kuliah di berbagai negara. “Sekira dua ribu mahasiswa sudah mendengar dan mandapatkan pengetahuan dari kuliah ini,” terangnya.

Lebih lanjut Hatano mengatakan, program ini bertujuan untuk mengharmonisasikan hubungan bilateral negara di ASEAN. Selain kuliah umum, program ini juga dirangkai dengan factory visit atau kunjungan ke perusahaan.(dh)