Dinkes Sumedang, Tingkatkan Layanan Kesehatan

4 July 2012 22:41 WIB
 
0
969
Ilustrasi

DINKES – Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang saat ini tengah menerapkan sistem penataan rujukan yang terstruktur dan berjenjang. Hal itu dikatakan Kepala Bidang Pelayanan kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Uyu Wahyudin.

Selain itu lanjut Uyu kegiatan tersebut sebagai upaya kendali mutu dan biaya, sehingga kata Uyu, terjadi optimalisasi layanan dan efisiensi kepada masyarakat Sumedang.

“Sumedang sekarang sedang menerapkan sebuah sistem penataan, menata sebuah sistem rujukan yang tersetruktur dan berjenjang. Sistem rujukan ini tentunya, nanti berdampak akan menguntungkan bagi masyarakat, karena masyarakat akan memperoleh sebuah pelayanan yang benar-benar sesuai dengan standar,” ujarnya Uyu kepada reporter www.SUMEDANGONLINE.com di kantornya, Rabu (4/7).

Dikatakan Uyu, yang dimaksud dengan sesuai standar menurutnya, ketika masyarakat membutuhkan layanan, masyarakat dilayani oleh sebuah institusi pelayanan yang benar-benar memiliki SOP, yang baku.

“Misalnya, ketika ada masyarakat keluhan kesehatannya harus ditangani oleh pelayanan kesehatan dasar seperti Puskesmas, dia harus ke Puskesmas, bukan lari ke Rumah Sakit, sehingga nanti Rumah Sakit dapat memberikan sebuah pelayanan sesuai dengan kewenangannya, yaitu pelayanan spesialistis,” tandasnya.(IRP)