Demiz: Jangan Ada Anak di Jawa Barat Tidak Sekolah Karena Miskin

2 February 2018 13:23 WIB
 
0
Kunjungi SMK Negeri Situraja, Demiz Sebut Akses Pendidikan Itu Penting
Kunjungi SMK Negeri Situraja, Demiz Sebut Akses Pendidikan Itu Penting

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

SUMEDANG – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar menandaskan jangan ada anak sekolah di Jawa Barat yang tidak bisa sekolah dengan alatan miskin.

“Yang penting subtansinya jangan sampai ada seorang pun anak Jawa Barat tidak bisa sekolah karena miskin, padahal dia mampu,” ungkapnya usai melakukan kunjungan kerja ke SMK Negeri Situraja Sumedang di Jalan Tanjung Manunggal Sumedang, hari ini (2/2/2018).

Dia pun menyebutkan masih harus berjibaku, karena angka partisifasi kasar buat perguruan tinggi di Jawa Barat masih di bawah rata rata nasional, sekitar 30 persen. “Tertinggi di Jawa itu 31 persen, kita masih 19 persen. Jadi ke depannya kita harus menggenjot bagaimana akses angka partisifasi kasar kita,” ungkapnya.

Padahal sebut dia secara kuantitas jumlah perguruan tinggi di Jawa Barat terbanyak, termasuk perguruan tinggi swasta. “Tapi mengapa angka partisipasi kasar kita masih terendah diantara seluruh provinsi yang ada di Jawa. Ini harus dicari sebabnya kenapa, apakah karena tidak ada keberpihakan atau barangkali kurang beasiswa dan sebagainya, atau begitu besar penduduknya tidak ada perguruan tinggi di daerah daerah yang memang membutuhkan. Maka karena itu lah multi kampus sangat penting,” tandasnya. ***