Bupati Eka Ajak Pengusaha Muda Jabar, Investasi di Sumedang

16 January 2018 14:04 WIB
 
1
Bupati Eka Ajak Pengusaha Muda Jabar, Investasi di Sumedang
Bupati Eka Ajak Pengusaha Muda Jabar, Investasi di Sumedang

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

SUMEDANG – Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan mengapreaiasi acara Rakerda dan Diklatda Hipmi Sumedang. Dikatakan dia, tampaknya untuk saat ini banyak inovasi dari Hipmi yang menjadi acuan kebijakan pusat.

“Sekarang zaman now dan tidak lepas dari teknologi digital. Sekarang, promosi hasil usaha pun sudah secara online,” katanya pada sambutan dihadapan peserta Rakerda dan Diklatda Hipmi Jabar di Sumedang, Selasa (16/1).

Perkembangan usaha yang dikelola pengusaha muda sudah diwarnai teknologi digital. “Para pengusaha muda bisa berinvestasi di Sumedang dan Hipmi bisa menikmati teknlogi digital untuk perizinan di Pemkab Sumedang,” katanya.

Bupati memberikan peluang bagi pengusaha muda Jabar untuk investasi di Sumedang seperti bidang perumahan. “Kita siapkan lahana untuk perumahan dengan lahan lebih dari 4 ribu hektar. Silakan jika anggota Hipmi berminat kembangkan usaha perumahan skala kecil, menengah dan besar dengan perizinan secara online,” katanya.

Ketua Pelaksana Rakerda dan Diklatda Hipmi Jabar ke XV, Jimy Hendrik menyebutkan ada ada beberapa alasan Rakerda dan Diklatda Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jabar dilaksanakan di Sumedang. Pertama, kata dia melihat kesiapan BPC Hipmi Sumedang termasuk adanya dorongan dari Pemkab Sumedang.

Bahkan, karena Sumedang memiliki potensi sumber daya lokal seperti waduk Jatigede, wisata Batudua sebagai aero paralayang.

Juga, di Sumedang pun ada kampung toga, spot arung jeram terbesar se asia tenggara yakni di Warung Kondang dan Sumedang pun memiliki kawasan industri Ujungjaya.

“Sumber daya lokal Sunedang tersebut, dianggap tepat jika diperkenalkan kepada para peserta dengan harapan berminat untuk berinvestasi di Sumedang,” ucapnya.

Dikatakan, Sumedang segera memiliki jalan bebas hambatan yang juga penyangga ke bandara internasional Kertajati.

Ia mengatakan, alasan lain kenapa digelar Rakerda dan diklatda di Sumedang, karena Sumedang pun terkenal dengan kulinernya. “Di sini ada tahu Sumedang, ubi Cilembu yang juga di sini ada kuliner ayam geprek,” tuturnya.

Ketua Umum Hipmi Jabar, Jodi Janitra mengatakan, pada Rakerda difokuskan, mengangkat kearifan lokal untuk bisa berdaya saing dalam persaingan global.

Sumedang memiliki potensi besar dalam pengembangan dan pencetakan pengusaha muda dengan ditunjang berbagai pembangunan bersekala nasional.

Rakerda dibuka Sekda Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa yang juga dihadiri Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan. Tampak hadir, pengurus Hipmi dari kab/kota se-Jabar dan pusat juga pihak Pemprov Jabar. *

1 COMMENT