BPS Sumedang Siap Gelar Sensus Pertanian

24 March 2013 06:47 WIB
 
0
1142

KOTA- Badan Pusat Statistik (BPS) Sumedang akan kembali menggelar sensus pertanian, pada 1 hingga 31 Mei 2013, mendatang. Menurut Kasie Statistik Produksi pada BPS Sumedang, Ima Prima Sari, kegiatan sensus pertanian dalam 10 tahun dilaksanakan sebanyak 3 kali.

BPS Sumedang siap gelar sensus nasional pertanian, 2013.
BPS Sumedang siap gelar sensus nasional pertanian, 2013.

“Pelaksanaan sensus dalam 10 tahun itu biasanya ada tiga kali sensus, yakni sensus penduduk, pertanian dan ekonomi. Dan untuk sensus pertanian, biasanya itu dilakukan pada tahun yang berakhiran 3. Jadi, tahun 2013 itu merupakan sensus ke-6, selama Indonesia merdeka,” kata Ima kepada reporter SumedangOnline di kantornya.

Sebut dia, cakupan dari sensus pertanian tersebut mencakup seluruh kegiatan yang ada kaitannya dengan pertanian. Termasuk sasarannya rumah tangga tani, usaha-usaha pertanian.

“Atau juga lembaga-lembaga lain, yang barang kali di sana itu ada usaha-usaha pertanian yang dilaksanakan lembaga tersebut,” terangnya.

Cakupan sensusnya sendiri kata Ima, meliputi 6 subsektor pertanian, yakni pertanian tanaman pangan, perkebunan, hortikultura, perikanan, peternakan, dan kehutanan.

Agar kegiatan itu dapat berjalan sukses dan lebih optimal, kata dia, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan berbagai leading sector terkait.

“Karena ini merupakan program nasional, kalau sensus-sensus sebelumnya kan tak dicanangkan sebagai program nasional. Diharapkan semua komponen masyarakat bisa membantu hingga terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Untuk itu lanjut Ima, untuk petugas yang melakukan pencacahan data pihaknya akan melibatkan para petugas yang berasal dari wilayah setempat. “Agar mereka lebih mengetahui. Selain itu kita juga akan berkoordinasi dengan pemerintah, dengan harapan adanya koordinasi dan saling mendukung, petugas bersungguh-sungguh menghasilkan data dan tepat waktu. Respondennya juga dapat memberikan data yang akurat, karena ini juga ke depannya untuk mereka juga,” tandasnya. (IRP)