Berkunjung ke kebun binatang Bandung, kini ada pemandu wisatanya

10 November 2017 02:15 WIB
 
0
Pemandu wisata di Kebun Binatang Bandung.
Istimewa/Internet
Pemandu wisata di Kebun Binatang Bandung.

BANDUNG – Kebun Binatang Bandung terus melakukan inovasi untuk menarik dan memberikan rasa nyaman pada para pengunjungnya. Sejak 25 Oktober 2017 lalu, menurut Manager Komunikasi Kebun Binatang Bandung, Sulhan Syafii kebun binatang yang berada di Jalan Kebun Binatang Nomor 6 Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung itu memiliki zoo educator (ZE) atau pemandu wisata.

”Ada 17 orang zoo educator di kawasan bonbin –singkatan akrab kebun bintang. Mereka berasal dari berbagai daerah yang ada di wilayah Bandung Raya,” kata Sulhan.

Disebutkan dia, sebelum terjun ke lapangan ke 17 orang itu mendapat training terlebih dahulu selama 3 hari untuk mendapatkan wawasan mengenai public speaking dan pengetahuan sosial tentang satwa serta tumbuhan terutama yang berada di kebun binatang Bandung. ”Mereka ada yang dari mahasiswa yang memang pecinta satwa, sebagian lagi memang mereka memiliki hobi kegiatan di luar ruangan. Fungsi adanya mereka sebagai pemandu bagi  pengunjung yang ingin bertanya seputar Bonbin, baik satwa, pohon pohon dan hal lainnya,” jelasnya.

Salahseorang pelajar Andre mengaku terbantu dengan adanya pemandu wisata tersebut, karena sebelumnya mereka hanya melihat lihat satwa dan tumbuhan saja. ”Kalau pun ada saya hanya mencatat dari nama nama yang tertera di tempat yang saya kunjungi, kalau sekarang saya puas karena bisa bertanya langsung,” ungkapnya. ***