Begini Cara Ara Serap Aspirasi Konstituennya

4 March 2018 18:16 WIB
 

SUMEDANG: Anggota DPR RI Maruarar Sirait memiliki cara jitu untuk menjaring aspirasi warganya. Salahsatunya dengan pementasan pagelaran seni. Seperti yang dilakukan hari ini di lapang sepak bola desa Jatisari kecamatan Tanjungsari, Ahad (4/3/2018).

Ara kembali mengundang 26 kesenian dari 26 kecamatan yang ada di kabupaten Sumedang. “Saya komitmen untuk memajukan kesenian yang ada di kabupaten Sumedang, apalagi Sumedang sebagai Puseur Budaya Sunda. Makanya dalam setiap kegiatan reses saya selalu menampilkan kegiatan kesenian,” kata Maruarar Sirait pada wartawan usai acara Reses Anggota DPR RI dengan kegiatan Pesta Rakyat Gelar Budaya Sunda.

Mantan Ketua Steering Committe (SC) Piala Presiden tiga tahun berturut-turut ini pun mengaku bangga dengan regenerasi kesenian yang ada di kabupaten Sumedang. “Tadi kita lihat bersama ada seniman yang umurnya paling muda 6 tahun dan paling tua yang ikut dalam kegiatan ini berumur 70 tahun. Sumedang menyandang Puser Budaya Sunda tak hanya slogan semata namun, harus dibuktikan dengan eksistensinya dalam melestarikan dan regenerasi seni budaya Sunda,” tandas pria yang kerap disapa Ara itu.

Tak hanya para seniman yang dibuat untung oleh acara tersebut perekonomian masyarakat pun kembali menggeliat. Karena dia melihat banyak masa yang berkunjung dibarengi dengan banyaknya pedagang kaki lima. “Para pedagang pun tadi merasa gembira dengan adanya kegiatan ini. Karena barang dagangan mereka terjual,” jelasnya.

Pada kesempatan itu pun dia mendapatkan banyak aspirasi dari para seniman, termasuk dari kepala desa Jatisari yang menginginkan agar aturan Dana Desa tidak dibikin ribet. ** FITRI

1 KOMENTAR

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.