Bangun Kantin Sehat Dibebankan ke Orangtua Murid

25 November 2016 12:14 WIB
 
0
Ilustrasi kantin sekolah.
istimewa
Ilustrasi kantin sekolah.

SUMEDANGONLINE: Salahsatu bentuk dukungan terhadap Sekolah Sehat, yakni adanya kantin sekolah ‘sehat’ yang memenuhi standar kesehatan. Baik itu ada di tingkat SD, SMP, maupun SMA atau SMK. Untuk hal itu, konon sekolah sehat berkewajiban untuk menyediakan kantin sehat sebagai sarana pendukung belajar bagi peserta didik untuk mencapai prestasi yang optimal, serta senantiasa berperilaku hidup bersih dan sehat.
Banyak diantara sekolah dalam mewujudkan kantin sehat di sekolahnya, ternayat masih saja ada yang merasa keberatan sehingga ada diantara orangtua murid kelas satu sampai enam harus merogoh kocek untuk membangun kantin sehat. Padahal sebelumnya komite sekolah bersama- sama orangtua siswa rapat dan telah disepakati berkaitan dengan pembangunan kantin sehat. Namun menurut sejumlah orangtua yang menjadi persoalan ternyata pendidikan gratis itu hanya isapan jempolan saja, kenyataannya masih saja orangtua harus mengeluarkan uang tidak hanya untuk membangun namun pembelian buku LKS maupun paket pun harus dibeli.
Menanggapi hal itu Kepala SD Negeri Sindangraja, Utang Suhandi, menyebutkan selaku kepala sekolah hanya melaksanakan tugas karena sekolahnya diikutkan dalam perlombaan sekolah sehat dan salah satunya harus ada kantinnya. “Sehingga pihak sekolah mau tidak mau mengajukan programnya kepada pihak komite berkaitan dengan sekolah sehat yang selama ini memang kami belum mempunyai kantin sehat,” kata Utang Suhandi.
Sementara Ketua Komite SDN Sindangraja, Ahmad Fauji menyebutkan terkait rencana akan dibangunnya kantin sehat harus memerlukan anggaran biaya yang tidak sedikit, tetapi itu pun sudah disepakati bersama orang tua murid besarannya sudah ditentukan mulai dari kelas satu sampai enam berbeda.
“Untuk mewujudkan program pemerintah, tentunya harus ada dukungan bersama- sama sehingga bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.
Berkaitan dengan kantin sehat menurut Pengawas SD Yayat Rukmana semuanya akan terjamin jika sudah lengkap dan menjamin makanan sehat bagi para siswa adalah hal terpenting. ***