Azwar Berharap Kemenpan-RB Dipertahankan

20 September 2014 00:44 WIB
 
0
396

Menteri PAN-RB, Azwar Abubakar saat menerima cindera mata dari Pemerintah Kabupaten Sumedang.
Menteri PAN-RB, Azwar Abubakar saat menerima cindera mata dari Pemerintah Kabupaten Sumedang.
KOTA-Masih banyaknya Pekerjaan Rumah yang harus dibenahi dalam menata birokrasi di Indonesia, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB), Azwar Abubakar, berharap kementeriannya dapat dipertahankan oleh Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.
“Ini baru pengobatan, (tapi) kalau sudah rapi, terserah. Ada 9 langkah yang sudah kita persiapkan dalam hal reformasi birokrasi baik secara makro maupun mikro,” kata Azwar saat menjawab pertanyaan wartawan di sela Gathering Sinergi Kampanye Gerakan Reformasi Birokrasi bersama Jurnalis Peliput Reformasi Birokrasi di Kampung Toga, Sumedang Selatan.
Kegiatan berupa keakraban antara juru pewarta dengan Kementerian PAN-RB itu diawali dengan sajian tari tradisional tarawangsa. Azwar tampak terkagum-kagum melihat gemulainya para penari dan suara jentreng kecapi.
Azwar mengaku kunjungannya ke Sumedang merupakan kunjungan ke dua. Ia pernah mengunjungi Sumedang, ketika berziarah ke makam Tjut Nyak Dien. Azwar tak menyangka jika dirinya bisa mengunjungi Sumedang dan menikmati langsung alam Sumedang di tengah malam.
Kunjungan Azwar ke Sumedang tak lepas dari peran Kepala Biro Hukum KemenPAN-RB, Herman Suryatman. Azwar mengaku bangga dengan tim yang dimiliki KemenPAN-RB selama ini.
Meski pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono akan berakhir pada 1 Oktober mendatang. Namun, Azwar optimis kelanjutan reformasi birokrasi akan terus berlanjut. “Kita harus yakin ini akan berubah. Karena apparatur (pemerintahan) tidak rusak semua, meski pun kita tahu ada yang rusak. Makanya perlu ada reformasi birokrasi,” tambahnya.***