Ara Kagum Kolaborasi Etnic Sunda dan Modern

11 March 2018 09:38 WIB
 

SUMEDANGONLINE.COM, SUMEDANG: Warga Tolengas, kecamatan Tomo antusias mengikuti giat kunjungan kerja perseorangan anggota DPR RI daerah pemilihan Sumedang, Majalengka dan Subang (SMS) Maruarar Sirait, meski diguyur hujan deras, Sabtu malam (10/3/2018).

Seperti biasanya, pada kunjungan Ara -sapaan akrabnya, kerap menampilkan sejumlah kesenian lokal yang ada di daerah yang dia kunjungi. Untuk malam minggu kemarin itu, dia mengundang seni marawis, pencak silat, kuda renggong, reak, kolaborasi seni etnic dan moderen serta suguhan dari pelantun pop Sunda, Rita Tila.

Dirinya mengakui punya perhatian khusus pada kesenian, selain lantaran Sumedang sebagai Puseur Budaya Sunda juga sebut dia, seni tradisi bagian dari budaya bangsa Indonesia yang patut dilestarikan dan dikembangkan dengan memperkenalkan pada generasi muda.
Dia pun terkagum kagum dengan penampilan kolaborasi seni tradisional dan moderen. Bahkan, beberapa kali dirinya terlihat Sumringah dengan sajian tersebut. Tak hanya itu, penampikan Rita Tila pun semakin membuat suasana semakin meriah. “Tak hanya ingin memberikan ruang pentas pada para seniman, tapi juga kesejahteraan para pelaku seninya harus diperhatikan,” kata Maruarar.

Kegiatan itu pun sebagai bagian dari bentuk terima kasih dirinya pada masyarakat Sumedang, khususnya Tomo karena pada saat pemilu lalu dirinya meraih suara paling banyak di dapil SMS. “Terimakasih, antusias warga yang hadir begitu tinggi meskipun diguyur hujan  juga para pelaku seni yang ikut berpartisipasi pada malam ini,” tambahnya.

Dikatakan dia, di Sumedang terdapat ratusan pedepokan dan komunitas seni budaya, dan itu sebut Ara perlu dukungan dari semua pihak terutama pemerintah.

Ketua panitia Kegiatan pentas Seni Budaya Sunda, Joko Loyor mengatakan, kegiatan tersebut mengusung tema, Sajiwa Sarasa Saraga Sunda Sing nyunda. Dia pun memuji dengan kiprah Ara yang begitu perhatian terhadap Seni Sunda sehingga setiap resesnya kerap menampilkan kamonesan para pegiat Seni.
“Secara tidak langsung, selain akan melestarikan seni itu sendiri, juga kesejahteraan para senimannya. Terlebih masyarakat dimana dia melakukab reses akan terhibur, dan tujuan resesnya terpenuhi,” kata Joko.

BACA JUGA  Jatigede, Sulistyo: segera ganti rugi dituntaskan

Anggota DPRD Sumedang, Dede Suwarman yang hadir pada acara tersebut juga memberikan apresiasi. Dia juga menyebutkan banyak aspirasi yang telah diperjuangkan Ara untuk kepentingan masyarakat Tolengas. Selain itu dia juga mengusulkab adanya pementasan seni saat hari jadi desa tersebut di sebuah Situ, agar daerah itu makin terkenal karena adanya penataan. *** FITRI

3 COMMENTS

  1. Ke depan reses itu harus seperti ini ada nilai yang langsung dirasakan masyarakat. Klo ini para pelaku seni yang dapat media berekspresi. Ke depan pelaku usaha peternakan juga harusnya bisa ya om hehe …

    Jadi nyerap aspirasi ya pemberdayaan ekonomi juga

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.