Antisipasi Banjir, Warga Cipadung Benahi Saluran Air

16 February 2018 17:47 WIB
 
0

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

SUMEDANG – Warga RT 01 RW 06 Lingkungan Cipadung kelurahan Kota Kaler Kecamatan Sumedang Utara melakukan pipaniasi sepangan 1 kilometer. Pengerjaan pemasangan tersebut dilakukan secara gotong royong warga setempat.
MenurutAbah Suryadi, gagasan pemasangan pipa air tersebut diinisiatif ketua RT merkea, Engkus, sebagai upaya untuk pencegahan banjir saat musim hujan. ”Kegiatan perbaikan ini merupan inisiatif dari Pak Engkus selaku ketua pengurus RT dan warga,” ujar Abah Surya.
Lanjut dia, perbaikan saluran air ini dengan menggunakan pipa dengan ukuran 4 hingga 8 inci dengan panjang pipa yang dikerjakan sepanjang kurang lebih 1.000 Meter. Dalam pekerjaannya dilakukan melalui Swadaya Masyarakat, dan untuk biaya perbaikan melalui iuran bersama warga.tanpa ada biaya dari pemerintah.
”Selain untuk mencegah banjir juga diharapkan saluran air yang ada dilingkungan RT 01/06 ini dapat berjalan dengan lancar. Mengingat sebelumnya sering terjadi banjir bila hujan turun. Mudah-mudahan dengan diperbaiki salularan air ini tidak akan banjir lagi,” sambungnya.
Biaya sawadaya untuk pemasangandan perbaikan saluran air tersebut terkumpul Rp 10 juta. ***FORKOWAS/UYA