Anggaran Besar Situs Pemkab Sumedang, Tak Uptodate

30 June 2012 21:04 WIB
 

Mamat Munandar
www.sumedangkab.go.id merupakan situs resmi Pemerintah Kabupaten Sumedang sesuai dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor : 28/PER/M.KOMINFO/9/2001, Tentang Penggunaan Nama Domain .go.id untuk Situs Web Resmi Pemerintah Pusat dan Daerah. Informasi tersebut bisa didapat melalui situs PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia). Untuk harga satu domain .go.id misalnya, dalam website PANDI tertulis Rp 50 ribu selama masa sewa setahun dengan persyaratan KTP/SIM/Paspor penanggung jawab yang masih berlaku, Surat Permohonan yang ditanda tangani oleh Sekda dan Surat Kuasa.

Sementera web hosting, situs yang dikelola oleh Dishubkominfo Sumedang itu menggunakan layanan web hosting yang disediakan PT Centrin Online Tbk. Di dalam situsnya Centrin menyediakan paket Diamond Page sebagai paket paling mahal dan ditawarkan dengan ketentuan harga untuk biaya registrasi sebesar Rp 399 ribu dan biaya per-bulan-nya Rp 499ribu, jadi kalau disimpulkan selama 1 tahun kurang lebih keluar biaya sebanyak Rp 5.988.000 (Selama 12 Bulan), dan untuk tahun pertama ditambah Rp 399 ribu untuk biaya biaya registrasi sehingga tahun pertama bayar Rp 6.387.000.

Situs resmi kebanggan Pemerintah Sumedang ternyata menggunakan website berbasis CMS (Content Managament System) yang sembarang orang juga bisa mendapatkannya secara mudah alias gratis. Terhitung untuk tahun 2012 hingga tulisan ini dibuat, website yang memiliki anggaran Rp 50 juta selama setahun sesuai APBD 2012 baru mengupdate content (tulisan) sebanyak 11 artikel. Padahal ketika penulis menganalisa website yang memiliki alamat IP di 202.146.241.30 sudah berada sejak pertengahan tahun 2012, tepatnya hari Jum’at (29/6/2012).(*)

Penulis : Mamat Munandar, Praktisi Web Hosting dan Development, tinggal di Tanjungkerta, Sumedang.

BACA JUGA  Harus Khilafah, Gagal Paham ?

1 KOMENTAR

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.