Agus: Beureum Beungeut untuk Sumedang, Jatigede luar Sumedang

7 December 2012 10:55 WIB
 
0
H. Agus Hermawan Drs. MAg

SITURAJA – Pentingnya pembangunan Bendung Beureum Beungeut, kembali di wacanakan anggota DPRD Sumedang dari Partai Persatuan Pembangunan, H. Agus Hermawan Drs. MAg. Menurutnya, pembangunan bendung tersebut justru akan lebih bermanfaat bagi masyarakat Sumedang dibanding dengan pembangunan waduk Jatigede yang tengah dikerjakan saat ini.

“Bendung Beureum Beungeut itu adalah sesuatu hal yang sangat penting, karena bagaimana pun Jatigede yang merasakan manfaatnya itu orang lain,” ujar Agus Hermawan.

Selain manfaatnya yang terbilang akan banyak dirasakan oleh masyarakat Sumedang secara keseluruhan, juga dapat menjadi pengaman bendung Jatigede yang menurutnya lokasinya berada di daerah yang labil.

Agus pun, menekankan akibat pembangunan Waduk Jatigede, ribuan hectare sawah yang sudah jelas produktif hilang dan itu menurutnya, perlu adanya pergantian segera.

“Penganggti lahan dari hilangnya lahan akibat pembangunan waduk Jatigede itukanharus ada. Lahan harus ada, airnya juga harus ada. Makanya Bendung Beureum Beungeut, saya kira merupakan salahsatu alternative untuk pengairan sawah-sawah baru tadi,” imbuhnya.

Wacana pembangunan Bendung Beureum Beungeut pada dasarnya sudah diwacanakan sejak 5 tahun lalu, namun kembali mentah dengan mulai dibangunnya Jatigede. Menurut Agus, dulu H Endang Sukandar yang saat ini dicalonkan menjadi Bupati Sumedang dari PPP, sudah pernah berkoordinasi dan berkomunikasi dengan PU Pusat. “Bahkan anggaran untuk study kelayakan sebenarnya itu sudah ada,” imbuhnya.

PROMO CONTENT
loading...