Ade: Puasa, PNS Tetap Disiplin

12 July 2013 09:06 WIB
 
0
470

Wabup jadi imam shalat maghrib
Wabup jadi imam shalat maghrib
KOTA-Selama Ramadan, seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) diminta untuk tetap disiplin dan semangat dalam menjalankan tugas. Tidak ada alasan bagi pegawai untuk menjadikan puasa untuk bermalas-malasan. Sebab bekerja di bulan puasa pahalanya dua kali lipat
Hal itu disampaikan Wakil Bupati Sumedang H Ade Irawan kepada Sumeks kemarin usia memimpin infeksi mendadak ke sejumlah dinas kemarin. Ade mengatakan masyarakat tidak mengenal istilah puasa dalam pelayanan sehingga jangan sampai pelayanan menjadi terbengkalai dan membuat masyarakat menjadi kecewa.
“Kalau bisa, pelayanan harus semakin ditingkatkan karena tugas PNS untuk melayani masyarakat dan menjalankan tugas dengan baik adalah salah satu ibadah yang mendapat ganjaran berlipat saat berpuasa,” ungkapnya.
Dia menegaskan, aparatur pemerintahan dituntut untuk selalu memberikan suri tauladan kepada masyarakat, terutama dalam hal memberikan pelayanan prima selama bulan suci Ramadan. Bulan suci Ramadan, hendaknya menjadi memicu bagi para PNS untuk selalu meningkatkan ibadah. Mengingat bekerja merupakan bagian dari ibadah, untuk itu jangan pernah mengenal kata malas bekerja selama bulan puasa ini.
Wakil Bupati juga memperingatkan, agar PNS untuk tidak berada di tempat keramaian atau pasar pada siang hari saat jam kerja. Karena perbuatan ini, dinilai tidak memberikan contoh baik kepada masyarakat. Jika ada masyarakat melihat ada PNS yang ngopi pada siang hari, diharapkan untuk melapor. “Kalau ketahuan ada PNS ngopi di kedai kopi pada siang hari. Silakan lapor kepada saya. Selama puasa, Satpol PP akan melakukan razia PNS di kedai-kedai kopi,” ungkapnya.
Dia mengajak seluruh PNS dan masyarakat untuk berlomba-lomba meningkatan ibadah, seperti tadarus, shalat terawih dan bersedekah serta melakukan shalat-shalat sunat di malam hari. Bulan puasa adalah bulan Tarbiyah Islamiah bagi umat Islam, pada bulan ini umat Islam akan di didik jiwa dan raga dalam rangka mencapai derajat taqwa. Untuk itu maka sudah sepantasnya seluruh komponen masyarakat dapat menghargai umat Islam yang sedang melaksanakan ibadah puasa
Seperti diketahui, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Abubakar pada 25 Juni 2013 telah mengirimkan Surat Edaran Nomor 07 Tahun 2013 tentang Penetapan Jam Kerja Pegawai Negeri Sipil Pada Bulan Ramadhan. Bagi Instansi Pemerintah yang memberlakukan lima hari kerja, Hari Senin – Kamis, pukul 08.00 – 15.00, waktu istirahat, pukul 12.00 – 12.30. Hari Jumat, pukul 08.00 – 15.30, waktu Istirahat, pukul 11.30 – 12.30.
Sedangkan bagi instansi pemerintah yang memberlakukan enam hari kerja, hari Senin – Kamis, dan Sabtu, pukul 08.00 – 14.00, waktu istirahat, pukul 12.00 – 12.30, hari jumat, pukul 08.00 – 14.30, waktu istirahat, pukul 11.30 – 12.30. (asp)