1500 Warga Situraja, Telah Siap Ikuti Muri Umbul

9 May 2012 07:53 WIB
 
0
768
Anak kecil pun ikut sert tari umbul
Anak kecil pun ikut sert tari umbul
Anak kecil pun ikut sert tari umbul
Anak kecil pun ikut sert tari umbul

SITURAJA – Lebih dari seribu lima ratus warga Situraja, telah mendaftarkan diri ikut serta dalam pencatatan Museum Record dunia Indonesia (MURI) tari umubul Situraja, 20 Mei mendatang di alun-alun Sumedang. Hal itu dikatakan Koordinator Umum Peserta pada Panitia Lokal Pencatatan Muri, Cucu Haryadi, ditemui Sumedangonline sebelum latihan warga RW 1-4, Desa Situraja Utara, Kecamatan Situraja, Selasa (8/5).

Cucu menyebut jumlah sebanyak itu telah melibihi dari target seribu orang yang didaftarkan pada Muri, meski demikian lanjut Cucu, jumlah peserta terus berdatangan mendaftar, dan itu masih terbuka lebar. Apalagi dikatakan Cucu, pada rapat dengan unsur Muspika, mereka mendapat dukungan dari Ketua Apdesi Situraja yang siap menyediakan peserta hingga 2012 penari umbul Situraja.

“Alhamdulillah antusias dari masyarakat cukup besar untuk mengikuti acara pencatatan rekor Muri ini. Termasuk kita juga mendapat dukungan dari kepala desa dan sekolah, yang menyebutkan jangan terlalu pusing memikirkan konsumsi untuk peserta, karena mereka mengaku akan membawa timbel masing-masing,” ujarnya.

Semula biaya konsumsi dan transportasi memang merupakan kendala mendasar bagi kepanitiaan lokal, namun setelah banyaknya pernyataan sikap dari sejumlah Kades dan Kepsek, Cucu menyebutkan panitia kembali optimis dapat melancarkan kegiatan tersebut.

“Apalagi melihat antusias masyarakat yang begitu tinggi, termasuk dalam TOT (training of triner), yang kita selenggarakan pada Minggu dan Senin kemarin, peserta banyak. Dan yang membanggakan mereka hanya dengan dua kali latihan tanpa pembimbing mereka sudah lancar, ini yang membahagiakan dan membuat kami lebih optimis,” lanjutnya.

Disinggung masalah sokongan dari beberapa calon bupati yang banyak mendaftar dari Situraja, Cucu, hanya tersenyum. Dikatakannya selama ini, mereka belum memberikan bantuan secara materi, padahal kegiatan itu jelas-jelas akan mengkatrol seni dan budaya yang ada di Situraja, khususnya seni tari umbul.