130 PPK resmi mengemban tugas

29 October 2017 19:57 WIB
 
0

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis

SUMEDANG – Sebanyak 130 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 26 kecamatan se Kabupaten Sumedang dilantik hari ini pukul 16.00 WIB (29/10/2017) di Islamic Center Sumedang.

Pelantikan dihadiri Ketua Desk Pilkada Kabupaten Sumedang Zaenal Alimin MM, dan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat Bidang Sosialisasi dan SDM, Nina Yuningsih.

Ketua Desk Pilkada Kabupaten Sumedang yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang itu mengapresiasi kinerja KPU Kabupaten Sumedang hingga pelantikan PPK. Dia berharap para PPK yang sudah diambil sumpahnya itu dapat bekerja sesuai dengan tugasnya, selain itu pihaknya juga menekankan agar PPK bersikap netral tanpa ada kepentingan dan intervensi dari pihak manapun.

”Karena hasil dari tugas kerja PPK ini sangat menentukan keadaan Kabupaten Sumedang lima tahun yang akan datang, kalau ada intervensi ini bisa mencederai tugas mulia PPK itu sendiri,” kata Zaenal Alimin.

Dia juga berharap tingkat partisipasi pemilih untuk Pilkada Serentak 2018 dapat meningkat, karena tahun sebelumnya tingkat partisipatif pemilih di Kabupaten Sumedang di atas 70 persen.

Zaenal pun siap melakukan pendampingan apabila PPK yang berada di 26 kecamatan itu memerlukan pendampingan. Setelah pelantikan itu, dia pun akan melakukan monitoring ke tiap kecamatan untuk melihat kondisi sarana dan prasarana pilkada seperti kesekretariatan dan fasilitas lainnya. ”Pada pilkada tahun lalu saja saya bersama mantan ketua KPU melakukan monitoring sampai ke daerah terpencil seperti Cimanintin ini untuk melihat kondisi persiapan saran dan prasarana apakah sudah siap atau belum. Karena kesuksesan kerja KPU dan PPK akan menghasilkan pemimpin daerah yang berkualitas,” katanya.

Senada dikatakan Ketua KPU Kabupaten Sumedang, Hersa Santosa dia pun berharap PPK tetap dapat menjaga netralitasnya dalam dalam menjalankan penyelenggaraan pilkada baik pemilihan gubernur maupun pemilihan bupati. ”Jangan coba-coba berpihak pada salah satu parpol atau calon pimpinan daerah pada penyelenggaraan Pilkada nanti. Karena dipundak PPK memikul tanggungjawab besar,” ujar Hersa. ***