Terowongan PLTA Jatigede Mulai Digarap

24 June 2016 23:23 WIB
 
1
loading...

SUMEDANGONLINE: Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Jatigede kapasitas 2 X 55 megaWatt (Mw), yang terletak di Kecamatan Tomo dan Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang Jawa Barat memasuki tahap pekerjaan terowongan.
Itu ditandai dengan first tunnelling pada Rabu (22/6). First tunnelling ini merupakan milestone penting memulai pekerjaan terowongan. PLTA Jatigede ini diharapkan bisa beroperasi secara commercional operation date (COD) pada 2019.
General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah 1 (UIP JBT 1), Anang Yahmadi mengatakan, proyek ini juga merupakan prioritas pemerintah pada program pembangunan kelistrikan 35 ribu Mw.
“Di mana pelaksanaan groundbreaking dilakukan oleh Presiden Jokowi melalui video conference dari Samas Bantul Mei 2015 lalu, untuk memenuhi permintaan akan energi listrik yang semakin meningkat,” ujar Anang dalam siaran persnya, seperti dilansir JPNN.com, Jumat (24/6).
Anang menjelaskan, untuk Adit Tunnel No. 1, saat ini sedang dalam pembuatan struktur atas portal sebagai bagian persiapan pelaksanaan pengeboran. Sementara, pelaksanaan konstruksi adit tunnel 2 sempat dipindahkan di area baru. Itu dilakukan karena area sebelumnya berada di daerah longsoran.
“Dengan dimulainya ekskavasi di lokasi baru, pelaksanaan tunneling Alhamdulillah bisa berjalan dengan baik sesuai rencana. Walaupun saat ini general program direvisi, namun COD diharapkan tetap sesuai rencana pada Maret 2019,” tutur Anang.
Kontraktor bisa speed-up untuk mengejar rencana yang sudah ada. Proses relokasi warga di dalam area proyek bisa dilaksanakan pada Juli 2016, sehingga ekskavasi di area powerhouse dapat dilaksanakan dengan penuh.
Adapun, anggaran untuk PLTA Jatigede 2016 ini, sebesar sekitar USD 30 juta menggunakan anggaran PLN. PLTA Jatigede ini akan memanfaatkan air waduk Jatigede, yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (chi/jpnn)

1 COMMENT

  1. Kapasitas yg besar tersebut tentunya sangat membantu namun satu hal yg harus di pertimbangkan oleh pemerintah sumedang
    Berapa besar prosentase utk kepentingan khususnya sumedang ?…
    Juga besar harapan pemerintah sumedang ada nilai tawar utk kepentingan wilayahnya.
    Secara legal pusat dan provinsi hendaknya memberikan ruang yg besar utk sumedang yg notabene PLTA tsb terletsk di sumedang.