Terkait maraknya aksi kejahatan, ini imbauan Polres Sumedang

3 December 2016 09:45 WIB
 
1
Polisi tengah memeriksa kelengkapan pengemudi angkutan umum yang melintas bundaran Binokasih, Kamis (17/11/2016) dalam Ops Zebra Lodaya.
istimewa
Polisi tengah memeriksa kelengkapan pengemudi angkutan umum yang melintas bundaran Binokasih, Kamis (17/11/2016) dalam Ops Zebra Lodaya.

SUMEDANGONLINE, POLRES — Terkait mulai maraknya aksi tindakan pidana pencurian yang terjadi di wilayah hokum Kepolisian Resort Sumedang. Kapolres Sumedang melalui Kasubag Humasnya, AKP Dadang Rostia, mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati.
“Imbauan untuk masyarakat di mana pun berada, dalam kendaraan roda dua ataupun roda empat untuk lebih berhati-hati dan selalu savety. Diperjalanan diupayakan tidak meninggalkan keramaian, biar tidak sendirian,” kata Kasubag Humas Polres Sumedang, AKP Dadang Rostia, saat dihubungi pagi ini (3/12/2016).
Tak hanya dalam perjalanan, lanjut dia, ketika kendaraan di parker pun dia mengimbau ditempatkan di tempat yang ramai dan selalu gunakan kunci pengaman dan kunci ganda. “Untuk pengendaran kendaraan Roda dua, sebaiknya tidak tidak membawa tas yang digendong. Terus untuk kendaraan roda empat sebaiknya di dalam kendaran tidak menyimpan barang apapun terutama barang-barang berharga yang bisa dilihat dari luar. Seperti leptop, hp, uang dan lain-lain. Gunakan insting dan alibi jadi selalu waspada dan hati-hati,” imbuhnya.
Sementara untuk pengendara R2 jabngan melakukan kontak telepon HP sewaktu mengemudi dan tidak memakai tas yg disilangkan dibadan ( simpan di Jok motor) atau yang dapat mengundang pelaku untukk berbuat jahat. “Upayakan untuk jaga-jaga membuat ramuan cabe rawit dengan air kulut aren dimasukan ke botol hesprey, ramuan tersebut bisa digunakan saat terdesak dan untuk mencegah ruang gerak pelaku. Untuk kendaraan roda empat, modus lama pecah kaca sering terjadi lagi, harapan kami jadilah Polisi untuk diri sendiri dan keluarga,” ungkapnya.
Lanjutnya, upaya polisi untuk meminimalisir aksi kejahatan tersebut salahsatunya dengan menggelar Operasi Libas Lodaya Tahun 2016 dengan sasaran C3 (Pencurian kendaraan bermotor roda dua dan roda empat, Pencurian dengan Pemberatan, Pencurian dengan Kekerasan, Berandalan bermotor). ***

1 COMMENT