Terancam ambruk rumahnya, dua warga OTD Jatigede ini diungsikan

23 January 2017 10:02 WIB
 
0
Lokasi longsor
Pitriyani
Lokasi longsor

JATIGEDE – Rumah milik mak Onah dan Ruski di kawasan Pasirpogor, Cikandang, Desa Ciranggem, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang terancam ambruk. Pasalnya rumah berpondasi tembok setinggi sepuluh sentimeter dan ke atasnya kayu itu sudah retak-retak akibat longsor yang disebabkan hujan deras pada Minggu malam (22/1/2017) sekira pukul 21.00.

Siap siap dievakuasi.
Kuat dugaan penyebab terjadinya longsor karena aktifitas pembangunan Jalang Lingkar Timur yang melintas kawasan bibir pantai Jatigede, beberapa ratus meter dari rumah Mak Onah. Saat ini kedua warga tersebut siap siap untuk direlokasi ke tempat yang lebih aman.
Menurut keterangan Direktur LSM Instan yang menengok lokasi bencana, dia menyebutkan pembangunan bendungan Jatigede telah merusak permukiman rakyat dan lingkungan yang ada di sekitarnya.
“Pembangunan proyek jatigede dan jalan lingkar yang menghabiskan dana ratusan milyar rupiah bahkan triliunan dalam pengerjaanya tidak profesional. Dari sejak pelaksanaan tender pelaksana pembangunan patut diduga terjadi ada kesalahan fatal, rawan kolusi dan dugaan korupsi Kemen PU/PR menjadi pihak yang paling bertanggung jawab,” kata Ifan saat dikonfirmasi. ***