Sumedang Kembali Raih WTP

7 June 2016 16:11 WIB
 
0

SUMEDANGONLINE: Setelah meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) pada tahun 2015 lalu, Kabupaten Sumedang akhirnya meraih kembali predikat WTP tersebut untuk kedua kalinya tahun ini.
Hasil tersebut disampaikan dalam acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2015 pada Kabupaten dan Kota se-Provinsi Jawa Barat di Aula BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat Jalan Moch Toha No. 164 Bandung, Senin (6/6).
LHP tersebut langsung diserahkan Kepala BPK Perwakilan Jawa Barat Arman Syifa kepada Wakil Bupati Eka Setiawan dan Ketua DPRD Irwansyah Putra. Hadir pula mendampingi Wabup, Sekretaris Daerah H. Zaenal Alimin, Asisten Administrasi Dadang Sukma, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKA) Ramdan Ruhendi Dedi, Kepala Bappeda Subagio, Inspektur Kabupaten Sumedang Uus Sundawan, serta sejumlah staf di lingkungan BPKA.
Kepala BPK RI Perwakilan Jabar Arman Syifa menyampaikan selamat kepada 11 kabupaten/kota yang menerima opini WTP dan berpesan khusus kepada Kabupaten Sumedang agar dapat meningkatkan SDM dan sistem dalam proses akuntasi SKPD. “Saya berpesan khusus kepada Kabupaten Sumedang untuk meng-upgrade aplikasi SIPKD menjadi SIPKD Akrual serta aplikasi lainnya yang didukung dengan SDM-nya,” ujarnya.
Ia juga mengamanatkan agar ada peningkatan pengelolaan asset dan percepatan tindak lanjut temuan BPK. “Saya juga berpesan kepada Sumedang agar dapat memperbaiki sistem dan prosedur (Sisdur) pelaporan Dana BOS di lingkungan Disdikbud, selain juga meningkatkan pengelolaan asset,” kata Arman.
Wabup H. Eka Setiawan menyampaikan bahwa capaian tersebut merupakan hasil kerja sama dan dukungan penuh dari berbagai pihak, baik dari jajaran eksekutif maupun legislatif. “Sinergitas yang baik dari semua jajaran dan instansi akhirnya berhasil mempertahankan predikat WTP. Ini adalah usaha yang patut diapresiasi,” ujar Wabup. (humas pemkab sumedang)