Sekda Sumedang Buka MQK VI, dari pesantren untuk bangsa

28 November 2016 08:28 WIB
 
0
Sekda Sumedang, H Zaenal Alimin saat di lokasi acara.
Humas Setda Sumedang
Sekda Sumedang, H Zaenal Alimin saat di lokasi acara.

SUMEDANGONLINE: Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Sumedang menyelenggarakan Musabaqoh Qiro’atil Kutub (MQK) VI Tahun 2016 Tingkat Kabupaten Sumedang di Gedung IPP Setda Sumedang, Sabtu (26/11).

MQK VI dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah H. Zaenal Alimin dengan didampingi oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Hj. Ani Gestaviani. Turut hadir dalam acara pembukaan, unsur Forkopimda Kabupaten Sumedang, MUI Kabupaten Sumedang, Kantor Kemenag Sumedang, Forum Pondok Pesantren Kabupaten Sumedang, pimpinan pondok pesantren, Dewan Juri dan para santri peserta MQK.

Kabag Kesra H. Agus Suherman selaku ketua pelaksana dalam laporannya mengatakan, MQK bertujuan untuk menjaring santri pondok pesantren berprestasi dalam membaca, menterjemahkan dan memahami kitab-kitab rujukan berbahasa arab. “Tujuannya adalah untuk mendorong dan meningkatkan pemahaman dan kualitas para santri dalam membaca, menterjemahkan dan memahami kitab-kitab rujukan berbahasa arab,” ujarnya.

Tujuan lainnya, lanjut Kabag Kesra, adalah untuk menjalin silaturahmi antar pondok pesantren se-Kabupaten Sumedang dalam rangka terwujudnya persatuan, kesatuan dan Ukhuwah Islamiyah serta meningkatkan peran pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam dalam mencetak kader ulama dan tokoh masyarakat di masa depan.

Kegiatan yang bertemakan “Dari Pesantren untuk Bangsa” tersebut diikuti oleh 486 peserta dari 26 pondok pesantren yang ada di Sumedang dengan melibatkan 50 orang Dewan Hakim. Adapun kitab-kitab yang dilombakan pada MQK VI Tahun 2016 sebanyak 17 kitab yang dibagi ke dalam tiga tingkatan (Marhalah).