Sekda Buka Pemusatan Diklat Calon Paskibraka

15 August 2016 01:23 WIB
 
0

SUMEDANGONLINE: Sekretaris daerah H Zaenal Alimin, Jumat (12/8), membuka Pemusatan Pelatihan Calon Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) Kabupaten Sumedang Tahun 2016 di Gedung Asrama Haji Komplek Islamic Centre Sumedang.
Dalam laporan Ketua Pelaksana Pembentukan Paskibraka Kabupaten SumedangTahun 2016, Dede Subarna, disebutkan bahwa siswa-siswi yang akan bertugas pada upacara peringatan HUT ke-71 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Sumedang pada tanggal 17 Agustus 2016 di halaman Alun-alun Sumedang sebanyak 34 orang.
“Sebenarnya yang terpilih menjadi anggota Paskibraka Kabupaten Sumedang seluruhnya berjumlah 36 orang. Dua orang dari jumlah tersebut alhamdulillah terpilih menjadi Paskibraka Provinsi. Jadi kedua tersebut ikut pelatihannya di Provinsi,” ujarnya.
Dikatakan, lebih dari 300 orang siswa-siswi yang berasal dari 94 sekolah telah mengikuti proses seleksi Paskibraka 2016.
“Jadi yang mengikuti pelatihan sekarang adalah yang meraih kategori terbaik dalam semua tahapan seleksi. Mereka juga telah melakukan latihan intensif di Alun-alun Sumedang sejak 2 – 10 Agustus 2016,” ucapnya.
Selain sebagai pembekalan dan penggemblengan fisik serta mental demi suksesnya pengibaran dan penurunan duplikat Bendera Pusaka, lanjutnya, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk membentuk karakter generasi muda yang tangguh.
“Kita harapkan agar adik-adik kita yang mengikuti kegiatan ini mendapatkan ilmu yang berguna untuk mereka serta mampu menularkannya kepada siswa-siswi yang lain,” tuturnya.
Sementara itu, Sekretaris Daerah H Zaenal Alimin atas nama pribadi dan pemerintah daerah menyatakan dukungan sepenuhnya atas terselenggaranya pemusatan pelatihan tersebut yang menurutnya sangat strategis dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI. “Keberhasilan penyelenggaraan peringatan HUT Kemerdekaan RI bisa menjadi indikator penghormatan kita terhadappara pahlwan yang berkorban harta, jiwa dan raganya demi terwujudnya kemerdekaan,” ucapnya.
Dalam Pengantar Pengukuhan Calon Paskibraka yang dibacakan Sekda dikatakan, Paskibraka memiliki jiwa ksatria, satu perkataan dan perbuatan, bertanggungjawab serta rela berkorban. Setelah selesai membacakan Pengantar Pengukuhan, selanjutnya Sekda mengajak putra-putri terbaik Sumedang yang terpilih sebagai Paskibraka tersebut untuk berdoa.
Pembukaan pemusatan pelatihan ditandai dengan pemasanan topi dan jaket kepada dua orang perwakilan Calon Paskibraka oleh Sekda. Turut hadir dalam acara pembukaan tersebut perwakilan Forkopimda Kabupaten Sumedang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Parpora, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumedang, dan para orang tua siswa Calon Paskibraka.