PKD PMII: Reaktualisasi Nilai-Nilai Sumpah Pemuda

28 October 2016 07:34 WIB
 
0
Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Sumedang mengadakan kegiatan Pelatihan Kader Dasar (PKD)
Ayi Abdul Kohar
Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kabupaten Sumedang mengadakan kegiatan Pelatihan Kader Dasar (PKD)

SUMEDANGONLINE: Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Sumedang melaksanaka Pelatihan Kader Dasar (PKD) Se-Jawa Barat dalam momen Sumpah Pemuda dengan tema “Reaktualisasi Nilai-Nilai Sumpah Pemuda dalam Mengawal Visi Integritas Bangsa Indonesia Melalui Media dan Budaya”. Acara ini akan berlangsung selama empat hari dimulai pada hari kamis, 27 Oktober sampai 30 Oktober 2016, bertempat di Islamic Center PCNU Sumedang.
Acara dibuka pada hari kamis, 27 Oktober 2016 di Islamic Center PCNU Sumedang. Pembukaan diawali dengan pembacaan ayat suci Al- Qura’an, Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PMII, dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pelaksana sahabat Abdurrahman, sambutan ketua Umum PC. PMII Sumedang sahabat Haris, sambutan Sekertaris Umum PKC Jawa Barat sahabat Ayi Shofanul Umam, dan sambutan ketua PCNU Sumedang KH. Sa’dullah sekaligus membuka secara resmi PKD PMII Sumedang. PKD merupakan tingkat kaderisasi ke dua di PMII setelah Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA).
Dalam Sambutannya ketua PCNU Sumedang KH. Sa’dullah mengatakan PMII sekarang sudah berubah “Sekarang PMII sudah berubah, PMII sekarang sudah rapih, baik, memakai peci,dan sarung, dulu di zaman saya masih di PMII, anak-anak PMII penampilannya nakal dan solat selalu di akhir waktu, min lima menit sebelum waktu solat berakhir” tuturnya dengan nada lelucon. Beliau juga mengatakan rugi kalau mahasiswa tidak gabung PMII, karena PMII dengan latar belakang NU dan berpedoman pada ASWAJA yang mayoritas di Indonesia adalah warga NU, jadi jangan malu untuk gabung PMII.
Ketua PC PMII Sumedang sahabat Haris mengatakan tujuan dari PKD ini adalah pertama amanat konstutisi dimana setiap kepengurusan wajib melaksanakan salah satu kaderisasi baik Mapaba, PKD, Maupun PKL, kedua Amanat ideologi dimana saat ini di Sumedang basis mahasiswa yang apatisme dan hegemoni baik ideologi mapun Islam sendiri, ketiga menumbuhkan pemahaman terhadap PMII, Lebih militan terhadap PMII dan NU, karena berbicara NU ya berbicara Republik Indonesia dan berbicara PMII ya Mahasiswa, tutur sahabat Haris.
Acara ini tidak hanya PKD namun di akhir rangkaian tepatnya hari Minggu, 30 Oktober 2016 akan ada Seminar Nasional “Reaktualisasi Nilai-Nilai Sumpah Pemuda Dalam Mengawal Visi Integritas Bangsa Indonesia Melalui Media dan Budaya”. Sahabat Abdurrahman selaku ketua pelaksana dan sahabat Haris berharap semua anggota PMII Sumedang maupun anggota PMII di luar Sumedang dapat hadir pada acara Seminar tersebut, yang akan dihadiri oleh pemateri yang sudah ahli dalam bidangnya yaitu K. Dianta A Sebayang, S. IP, ME (Dosen UNJ), Wawan Gunawan (Majlis Pembina Daerah PKC JABAR dan Ketua Jaringan Komunikasi Antar Umat Beragama/ JAKATARUB).* (Sahabat Muhtar)