Peluncuran PPK BLUD Puskesmas Tandai Upacara HUT HKN

16 November 2016 02:17 WIB
 
0
Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2016 yang digelar di Lapang Upacara IPP, Senin (14/11)
Humas Setda Sumedang
Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2016 yang digelar di Lapang Upacara IPP, Senin (14/11)

SUMEDANGONLINE: Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 Tingkat Kabupaten Sumedang Tahun 2016 yang digelar di Lapang Upacara IPP, Senin (14/11), ditandai dengan peluncuran Pola Pengelolaan Keuangan (PPK) Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di 35 UPTD Puskesmas dan UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah oleh Bupati H. Eka Setiawan.

Dalam upacara tersebut Bupati menyerahkan secara simbolis SK Bupati Sumedang Nomor: 440/KEP.390-DINKES/2016 tentang Penetapan UPTD Puskesmas dan UPTD Laboratorium Sebagai Unit Kerja yang Menerapkan PPK BLUD Penuh kepada Kepala Laboratorium Kesehatan Daerah, Kepala Puskesmas Rawat Inap Sukamantri, dan Kepala Puskesmas Cimanggung. Pelepasan balon ke udara juga turut menandai diluncurkannya program yang akan mulai berlaku sejak 1 Januari 2017 tersebut.

Bupati atas nama Pemerintah Kabupaten Sumedang mengucapkan selamat dan memberi dukungan sepenuhnya terkait pelaksanaan PPK BLUD di UPTD Puskesmas dan Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Sumedang. “Dengan diterapkannya PPK BLUD ini secara penuh diharapkan akan mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat berupa jasa pelayanan kesehatan yang berdasarkan prinsip efisiensi dan produktivitas serta praktik bisnis yang sehat,” ujarnya.

Bupati juga menyerahkan secara simbolis sertifikat akreditasi Puskesmas kepada Puskesmas Kota Kaler dengan Akreditasi Madya dan Puskesmas Buahdua dengan Akreditasi Dasar. Turut pula diserahkan 6 unit ambulans dari DAK 2016 untuk Puskesmas Rawat Inap jatinangor, Puskesmas Kota Kaler, Puskesmas Situraja, Puskesmas Rawat Inap Wado, Puskesmas Jainunggal, dan Puskesmas Ujungjaya. Sedangkan Puskesmas Hariang mendapatkan penghargaan sebagai Puskesmas yang tiga tahun berturut-turut tidak ada kematian ibu dan anak.