Nurdin Heran Laporan Banggar Tak Rinci

15 January 2016 23:04 WIB
 
0
loading...

KOTA-Anggota DPRD Sumedang, Nurdin Zein, meminta jaminan terkait laporan angka-angka yang disampaikan Badan Anggaran dalam rapat paripurna dalam rangka pengambilan keputusan atas Raperda Tahun Anggaran 2016, malam ini.
“Kami secara pribadi minta jaminan tentang angka-angka yang tadi sudah dilaporkan oleh Badan Anggaran. Mulai dari pendapatan yang di dalamnya ada PAD, ada perimbangan dan lain-lain. Pendapatan ini mungkin tidak akan berubah, kalau bagi hasil pajak tak ada tambahan,” kata Nurdin saat memberi tanggapan terkait laporan Banggar tersebut.
Menurut dia, pihaknya sepakat, jika pendapatan mencapai Rp 2,2 Triliun tersebut akan tetap. ” Namun, di belanja yang menghabiskan 2,3 Triliun. Di dalamnya kan ada belanja tidak langsung, belanja pegawai yang mencapai Rp 1,4 Triliun. Artinya akan ada sisa Rp 900 Miliar. Kami mohon, penjelasan dari proyek Rp 900 Miliar itu, ada berapa belanja wajib SKPD-nya,” tambahnya.
Lanjutnya, jika Rp 900 Miliar dikurangi Adum yang besarannya mencapai Rp 200 Miliar. Berarti, prediksi Nurdien, belanja langsung hanya sekitar Rp 700 Miliar.
“Dari Rp 700 Miliar itu terbagai lagi, dari belanja pegawai, belanja tidak langsung, belanja modal. Itu belum terperinci, karena RKA belum masuk dalam TPAPD,” imbuhnya.
Lain dari itu, Nurdien, mempertanyakan laporan Badan Anggaran yang tak menyebutkan besaran alokasi, pagu terhadap sejumlah SKPD. “Karena pembahasan sudah selesai, harusnya misalkan pertanian berapa, bappeda berapa, pemda berapa. Supaya kita masyarakat bisa melihat dan mendengar. Masyarakat tahu, kemana alokasi yang paling besar. Apakah benar-benar sesuai dengan RPJMD atau tidak,” sebutnya.
Menanggapi hal itu Ketua Banggar, Atang Setiawan, mengakui jika Laporan Banggar tidak dilakukan secara terinci.
“Memang pada malam hari ini, inginnya kita bisa memberikan laporan secara terinci, secara terinci. Sampai menghitung belanja pegawai, kemudian belanja barang dan jasa, termasuk belanja modal,” ucapnya.
Sayangnya, sebut Atang, hingga pukul 19.00 dirinya belum mendapat rincian jelas kaitan dengan komponen belanja. “Tetapi saya yakin, besok saya akan minta, dan kita kawal semua,” tambahnya meyakinkan.
Atang pun meyakinkan, jika angka-angka yang sudah disampaikan Banggar tidak akan mengalami perubahan, baik dari struktur pendapatan, belanja maupun pembiayaan.