Minim Dukungan Pemda, IPSI Bidik Juara Umum di Popwil

11 May 2017 17:31 WIB
 
1
Latihan IPSI Sumedang.
Istimewa
Latihan IPSI Sumedang.

SUMEDANG — Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) kabupaten Sumedang menurunkan 22 altet silat yang akan adu tanding di Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) Jawa Barat 2017 di Kabupaten Pangandaran15-19 Mei 2017.
Menurut Ketua IPSI Kabupaten Sumedang, Mayor Inf. Agus Budi Cahyanto dari 22 atlet yang akan membela Sumedang, terdiri dari 11 atlet laki-laki dan 11 atlet perempuan serta dibarengi dengan tim official termasuk tim pelatih yang akan mendampingi selama kegiatan berlangsung.
”Kita turunkan 22 Atlit, yang terdiri dari atlit TGR 7 orang dan 15 atlit tanding,” ujar Agus di sela latihan.
Untuk menatap gelaran tersebut, pihaknya terus menggenjot latihan atlet agar mampu bersaing dengan daerah-daerah lainnya. Latihan dimaksimalkan oleh tim pelatih lantaran disebutnya Sumedang akan menghadapi lawan yang kuat dari kabupaten tetangga.
Meskipun demikian, pihaknya percaya atlet yang nanti akan dikrim mempunyai progres kualitas yang bagus, terlihat dari selama Training Centre digelar. Baik itu teknik, fisik, strategi dan mental.
”Dari banyak atlet yang akan dikirim, ditargetkan sebanyak-banyaknya merah Medali, bahkan saya berharap juara umum silat kita sabet,” lanjutnya.
Di sisi lain, menyinggung minimnya support pemerintah Kabupaten Sumedang dalam Popwil ini tidak menyurutkan semangat para atlit yang nanti akan berlaga mengharumkan nama Sumedang di dunia persilatan.
“Jujur saja, anggaran dari Pemda untuk support kegiatan ini sangat minim. Tapi kami tidak tinggal diam, sebab tanggung jawabnya adalah membawa nama IPSI dan Sumedang. Untuk pemberian nutrisi bagi atlet, akomodasi dan berbagai keperluan lainya justru lebih besar keluar dari kantong sendiri,” terangnya.
Sementara itu, Tim Pelatih, Kusman mengungkapkan untuk proses latihan persiapan Popwil Tahun ini lebih ditingkatkan lagi dengan harapan meningkatkan raihan prestasi dari Popwil sebelumnya yang meloloskan 4 kelas penilaian.
“Jadi untuk metode latihan kami maksimalkan dan tingkatkan seiring dengan ada target yang kami harus raih di Popwil kali ini. Kalau kemarin 4 kelas kami lolos, nah kali ini harus lebih,” ujar Kusman.( asep/forkowas)

1 COMMENT