Menpora Ingin Pemuda Kreatif Mendapat Tempat Berkesenian

23 October 2016 18:33 WIB
 
0
Menpora Imam Nahrawi didampingi istrinya Shobibah Rohmah saat menghadiri Roadshow, Talkshow, dan Gelar Musik Angklung Bank Musik di Saung Angklung Udjo, Padasuka-Bandung, Minggu (23/10) siang.
Humas Kemenegpora RI
Menpora Imam Nahrawi didampingi istrinya Shobibah Rohmah saat menghadiri Roadshow, Talkshow, dan Gelar Musik Angklung Bank Musik di Saung Angklung Udjo, Padasuka-Bandung, Minggu (23/10) siang.

SUMEDANGONLINE: Menpora Imam Nahrawi didampingi istrinya Shobibah Rohmah menghadiri Roadshow, Talkshow, dan Gelar Musik Angklung Bank Musik di Saung Angklung Udjo, Padasuka-Bandung. Menpora menyampaikan bahwa Bank Musik Indonesia merupakan ide dan terobosan yang digagas agar negara terlibat aktif dalam mendorong pelestarian budaya nusantara.
“Dengan bank musik, pemuda Indonesia yang kreatif dan inovatif di bidang musik dapat berperan dalam peningkatan pertumbuhan dan perekonomian daerah maupun nasional dan menjadikan aspek budaya nasional sebagai bagian dari proses inovasi dan kreativitas. Acara ini juga menjadi bagian dari pusat penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan pemuda-pemuda kreatif di bidang musik yang juga mencintai budaya Indonesia,” ujarnya.
Imam melanjutkan bahwa hasil kreasi musik itu dapat ditampilkan dipanggung terbuka dengan harapan lahirnya pemusik-pemusik yang tidak hanya handal dan profesional, namun juga kreatif dan kompetitif di bidang musik. “Bank musik adalah lembaga atau wadah berupa ruang publik tempat berinteraksi dan belajar bagi para pemuda kreatif/produktif, pencinta musik dan kreator musik dalam menghasilkan karya seni musik nusantara,” tambahnya.
Sebelumnya Pimpinan Saung Angklung Udjo, Sam Udjo menyampaikan bahwa sangat bersyukur dengan dilakukannya roadshow bank musik ke saung angklung. “Ini menunjukkan komitmen dari pemerintah terhadap budaya nusantara yang telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya dunia, ” ujar Kang Udjo.
Kang Udjo melanjutkan bahwa sejak diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia, angklung diminta untuk selalu memberikan laporan perkembangannya kepada UNESCO, dengan adanya komitmen dan perhatian pemerintah ini akan semakin memperteguh keberadaan angklung sebagai salah satu warisan budaya dunia di Indonesia. Hadir dalam acara ini Plt. Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah, Staf Khusus Menpora Bidang Kepemudaan Zainul Munasichin, Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Enny Budi Sri Haryani. (dre)