Manfaatkan lahan tidur, SMPN 3 Cimalaka bidik sekolah hijau

5 November 2016 16:08 WIB
 
0
Lahan kosong di SMPN 3 Cimalaka di jadikan ruang hijau yang lebih bermanfaat.
Iwan Rahmat Purnama
Lahan kosong di SMPN 3 Cimalaka di jadikan ruang hijau yang lebih bermanfaat.

SUMEDANGONLINE: SMP Negeri 3 Cimalaka terus bebenah, sekolah yang tadinya tidak terawat. Semenjak Enung Titin Agustikawati jadi Kepala SMP Negeri 3 Cimalaka, kini berubah total. Lahan-lahan yang tadinya tidak dimanfaatkan kini mulai ditata dan dijadikan lahan penghijauan. Termasuk bangunannya pun di cat hijau, kemungkinan warna cat tersebut disesuaikan dengan warna cat pada bangunan tersebut.
“Penanaman dilakukan sejak saya masuk di sini. 2013 saya pindah ke sini bulan September, terus saya melihat banyak peluang dan mencoba menatanya dari mulai pengecatan berwarna hijau dan lain sebagainya. Termasuk penanaman tanaman-tanaman yang bermanfaat,” ungkap Enung Titin.
Sekolah yang mempunyai moto Pasti (pandai aktif, santun terampil dan inovatif) itu selain memanfaatkan lahan kosong untuk ditanam berbagai tanaman juga selalu menjaga lingkungan agar tetap terjaga dengan menggelorakan selalu pungut sampah.
“Dari inovatif ini memanfaatkan lahan-lahan walaupun sedikit menanam tanaman yang bisa dimanfaatkan. Seperti sayuran dan segala macamnya. Kami punya tujuan agar sekolah ini jadi sekolah hijau dengan pemanfaatan lahan,” tambahnya. (iwn)