Longsor, Tiga Rumah di Cikancung Sempat Terendam Banjir

28 February 2016 01:53 WIB
 
0
ilustrasi banjir
ilustrasi banjir

FOTO: Ilustrasi

BANDUNG- Lagi-lagi bencana banjir bandang yang disebabkan longsor terjadi di Kampung Pangauban, Desa Cikancung, Kecamatan Cikancung. Peristiwa terjadi
saat kawasan tersebut diguyur hujan pada Jumat (26/2) petang, sebuah tebing di pinggir Sungai Cigandasoli setinggi sekitar 10 meter mengalami longsor dan materialnya membendung sungai tersebut. Hal itu diungkapkan
Kapolsek Cikancung, AKP Gamal Pujiharto.
“Longsor ini membawa juga rumpunan pohon bambu. Akhirnya, air terhalang kemudian meluap. Air masuk ke sejumlah rumah warga. Sempat menggenangi tapi langsung surut cepat sampai tengah malam,” ujar Gamal saat dihubungi, Sabtu (27/2).

Gamal mengungkapkan, Rumah yang terendam di antaranya rumah permanen milik Entin (50) yang berukuran 7×9 meter. Selain itu, rumah milik Amid (41) berukuran 5×7 meter dan rumah Anang (38) yang berukuran 5×6 meter pun ikut terendam banjir.

“Rumah Anang yang paling lama terendam air dan banyak perabotan warga yang terendam sehingga rusak. Selain itu, terendam juga sebuah mushala yang juga menjadi madrasah. Beberapa rumah lainnya sempat terkena genangan sebentar. Hujan saat itu memang sangat besar dan beruntung tidak ada korban jiwa akibat bencana ini,” katanya.

Gamal mengatakan Muspika Cikancung bersama para relawan langsung mendatangi lokasi dan Sabtu (27/2)pagi bersama warga, relawan, Tagana, serta BPBD Kabupaten Bandung langsung melakukan pembersihan sungai dari material longsoran.