Longsor susulan Cimareme, sudah diprediksi BMKG

24 September 2016 02:45 WIB
 
0
Sekda Sumedang, H Zaenal Alimin.
Pitriyani
Sekda Sumedang, H Zaenal Alimin.

SUMEDANGONLINE: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah memprediksi akan adanya longsor susulan di kawasan Blok Cileungsar, Desa Ciherang, Kecamatan Sumedang Selatan. Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang, H Zaenal Alimin, saat menanggapi kembali terjadinya longsor susulan yang sempat memutus arus lalu lintas Bandung-Cirebon, Jumat (23/9/2016).
“Malam ini telah terjadi longsor susulan di derah Cimareme, dan kejadian ini sesuai dengan yang diprediksi oleh BMKG, yang merekomendasikan agar adanya kehati-hatian bagi masyarakat yang berada di daerah rawan bencana. Namun demikian Alhamdulillah, atas kesigapan semua pihak, semua unsur. Antara lain dari unsur kodim, polres, satpol pp dari BPBD termasuk tim SAR-nya. Alhamdulillah semuanya dapat ditangani, sampai tuntas dan tentu kita berharap tidak terjadi longsor susulan,” kata H. Zaenal Alimin saat mendamping anggota DPD RI, H Eni Sumarni yang berkunjung ke korban longsor di penampungan GOR Tadjimalela.
Zaenal pun mengimbau agar masyarakat lebih waspada terutama yang berada di daerah rawan. Apalagi Sumedang, sebut dia, merupakan daerah yang rawan akan terjadinya bencana baik berupa gerakan tektonik maupun longsor dan banjir. “Untuk daerah tektonik yang sudah dilakukan survey, oleh tim ahli dari BMKG maupun Perguruan Tinggi yang berkompeten, sebagian kami sudah mendapatkan hasilnya dan rekomendasinya, sebagian lagi masih dalam proses. Untuk daerah-daerah yang sudah jelas berdasarkan hasil survey, itu termasuk daerah rawan bencana,” imbuhnya. ***