Ketua Komisi D setuju normalisasi Sungai Cicapar

30 September 2016 23:32 WIB
 
1
Akibat amukan sungai Cicapar saat pasang, menyebabkan puluhan hektar sawah rusak.
FB Desa Situraja Utara
Akibat amukan sungai Cicapar saat pasang, menyebabkan puluhan hektar sawah rusak.

SUMEDANGONLINE: Ketua Komisi D DPRD Sumedang, Dadang Romansyah, menanggapi keinginan warga Desa Ambit, Kecamatan Darmaraja, yang menginginkan adanya normalisasi sungai Cicapar dengan cara dikeruk.

[Baca Juga: Warga Ambit Minta Pemkab Sumedang Keruk Sungai Cicapar]

“Idealnya memang begitu, harus ada normalisasi terhadap badan sungai Cicapar. Kalau kita lihat, sebagian besar telah terjadi pendangkalan oleh material yang terbawa dari hulu,” kata Ketua Komisi D DPRD Sumedang, Dadang Romansyah, saat dimintai tanggapannya pada sumedangONLINE, malam ini.
Ia bahkan menyebutkan, jika sisi kiri dan kanan sungai tersebut sudah sangat menghawatirkan. Dan, jika hal itu dibiarkan ia hawatir akan menimbulkan masalah yang fatal. “Termasuk juga kiri kanan sungai sudah terkena erosi cukup parah. Dan secara teknis saya kira perlu dilakukan kajian oleh dinas teknis, terkait titik mana yang paling urgent untuk dilakukan pengerukan atau normalisasi,” ungkapnya.
Disinggung, apakah pihaknya akan melakukan pemanggilan terhadap dinas yang berkaitan erat dengan masalah tersebut. Secara diplomatis ia menyebutkan akan melakukan pembahasan terlebih dahulu secara menyeluruh. “Nanti kita bahas secara menyeluruh apa yang harus kita lakukan terhadap dampak banjir bandang Cicapar. Termasuk adanya jembatan yang ambrol karena terjangan air Cicapar yang membawa material yang sangat besar,” jelasnya.***