Inilah Profil dan Latar Belakang Para Menteri Baru Kabinet Kerja Hasil Reshufle Jilid II

27 July 2016 15:19 WIB
 
0
loading...

SUMEDANGONLINE, SETKAB: Dalam perombakan atau reshufle kabinet jilid II yang diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (27/7) siang, terdapat 8 (delapan) nama baru yang masuk sebagai anggota Kabinet Kerja periode 2014 – 2019. Presiden lantas meminta Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung untuk mengumumkan profil kesembilan anggota baru Kabinet Kerja itu.

Mensesneg Pratikno mendapat kesempatan mengumumkan profil 5 (lima) menteri yang berlatar belakang profesional, sementara Seskab Pramono Anung mengumumkan profil 4 (empat) menteri yang berlatar belatang partai politik. Berikut profil-profil mereka:

1.Menteri Keuangan Sri Mulyani, sudah sangat teruji dan berpengalaman di berbagai penugasan. Tentu saja di bidang ekonomi dan keuangan, dan memiliki jaringan dan dipercaya secara luas di tingkat internasional.

“Tentu saja dengan kapasitas beliau, beliau mempunyai kapasitas untuk mendongkrak, ikut memperkuat ekonomi Indonesia dalam menghadapi persaingan global. Sekaligus sebagaimana dikatakan Presiden menyelesaikan masalah yang sangat berat, yang sudah lama kita hadapi: kemiskinan, ketimpangan ekonomi, ketimpangan wilayah, dan juga meningkatkan kesempatan kerja,” kata Pratikno.

Walapun sampai saat ini, Sri Mulyani masih menjabat sebagai Managing Director Bank Dunia, menurut Mensesneg, sudah ada komunikasi antara Presiden dengan Presiden Kim dari Bank Dunia, dan walaupun dengan berat hati telah diberi izin untuk kembali ke Indonesia, dan menjabat sebagai Menteri Keuangan.