Indonesia ke Semifinal Piala AFF 2016. Menpora: Kebangkitan Sepakbola Indonesia

26 November 2016 16:43 WIB
 
2
Menpora Imam Nahrawi saat menggelar rapat dan meninjau persiapan pembangunan institute Olahraga Indonesia di Cibubur, Jakarta, Kamis (24/11).
Huma Menpora
Menpora Imam Nahrawi saat menggelar rapat dan meninjau persiapan pembangunan institute Olahraga Indonesia di Cibubur, Jakarta, Kamis (24/11).

SUMEDANGONLINE, JAKARTA: Sukses perjuangan Timnas Indonesia berhasil melangkah ke babak semifinal Piala AFF 2016 setelah mengalahkan Singapura 2-1 di Rizal Memorial Stadium, Jumat malam (25/11). Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi langsung memberikan apresiasi, dia bangga melihat perjuangan Boaz Solossa dkk, dan terus memberikan kabar baik untuk sepakbola Indonesia dengan kemenangan.
”Saya senang dan bangga melihat penampilan pasukan Merah Putih yang akhirnya membawa hasil yang memuaskan dengan lolos ke babak semifinal, setelah mengalahkan Singapura dengan skor 2-1. Saya ingin trend kemenangan dan hasil positif terus menjadi kabar baik bagi kebangkitan sepakbola Indonesia. Teruslah bermain fokus, kuatkan tim, bulatkan tekad dan niat menjadi yang terbaik untuk Merah Putih,” kata Menpora dalam siaran pers yang diterima redaksi, siang ini (26/11).
Lanjut dia, perjuangan tim asuhan pelatih Alfred Riedl untuk lolos ke babak semifinal tidaklah mudah sempat ditaklukkan Thailand 4-2 ditahan imbang tuan rumah Filipina 2-2, Boaz dkk akhirnya bisa menuai kemenangan setelah mengalahkan Singapura 2-1. Hasil tersebut langsung membawa Indonesia berada di peringkat dua grup A dengan perolehan 4 poin di bawah Thailand yang mengoleksi 9 poin.
Jalannnya pertandingan Indonesia lawan Singapura memang cukup mendebarkan, Singapura memimpin 1-0 di babak pertama lewat gol Khairul Amri. Di babak kedua, Indonesia yang terus menekan dan membuat sejumlah peluang, akhirnya mampu mencetak dua gol yang membawa mereka lolos ke semifinal. Pahlawan Indonesia adalah Andik Vermansah dan Stefano Lilipaly.
Sejak kick off babak pertama dimulai, Indonesia langsung mengambil inisiatif serangan sejak peluit dibunyikan. Di menit kelima kiper Singapura, Hassan Sunny, harus bekerja keras untuk menepis sepakan bebas Stefano Lilipaly. Singapura mendapat peluang pertamanya di menit ke-11 lewat Yasir Hanafi tapi bola masih melebar.
Andik Vermansah coba melepaskan tembakan spekulasi dari jarak jauh, tapi bola hanya menyasar sisi atas gawang. Di menit ke-21, giliran Evan Dimas yang coba mengancam gawang Singapura tapi tembakannya masih melebar dari sasaran. Singapura yang terus ditekan malah mampu memimpin lebih dulu di menit ke-27 lewat Khairul Amri. Berawal dari lemparan ke dalam dari sisi kiri, bola mengarah ke kotak penalti Indonesia dan disundul pemain Singapura. Tak ada gol tercipta lagi hingga turun minum sehingga Singapura tetap memimpin 1-0.
Masuk di babak kedua, Indonesia nyaris kebobolan dua menit setelah restart ketika kombinasi Muhammad Faris Ramli dan Amri membongkar pertahanan lawan. Tinggal berhadapan dengan Kurnia Meiga, sepakan Amri masih bisa dibendung.
Indonesia akhirnya berhasil menyamakan kedudukan jadi 1-1 di menit ke-62 lewat sepakan voli Andik meneruskan crossing Rizky Pora dari sisi kiri. Bola menghujam gawang tanpa bisa dihalau Sunny. Lima menit setelahnya Boaz punya kans bikin gol tapi sepakannya bisa ditepis Sunny. Bola rebound disundul lagi Boaz tapi Sunny menangkapnya.
Indonesia berbalik memimpin 2-1 di menit ke-84 ketika Boaz yang berhasil mempertahankan bola mampu melepas umpan silang yang tak bisa diantisipasi bek Singapura. Di sana ada Lilipaly yang menyepak bola dengan kaki kanan dan bersarang di pojok kanan gawang. Skor tersebut bertahan hingga laga berakhir dan Indonesia berhak lolos ke semifinal menemani Thailand. (dok/amr)

2 COMMENTS