Imbas gempa, bangunan gedung kesenian Cimanggung rusak

18 March 2017 16:04 WIB
 
3
bangunan gedung kesenian Cimanggung
Istimewa
bangunan gedung kesenian Cimanggung

SUMEDANG – Diduga karena getaran gempa bumi yang terjadi pada Kamis malam (16/3) dengan kekuatan 3,3 SR, pusat gempa berada di darat 24 km timur laut Kabupaten Bandung. Bangunan Saung Budaya Sunda milik Kecamatan Cimanggung di Dusun Cimanggung Rt 04/06 Desa Cimanggung Kecamatan Cimanggung, Sumedang, mengalami kerusakan.
Informasi dihimpun, bangunan berukuran 4×6 meter itu tak kuasa menahan getaran gempa akibat pondasinya yang kurang maksimal. Akibatnya bangunan berupa aula dengan atap genting itu, doyong dan hampir ambruk, bahkan sebagian gentingnya terjatuh.
Warga di sekitar lokasi kejadian membenarkan terkait rusaknya bangunan tersebut, menurut warga sebelumnya mereka mendengar bunyi retakan dan seperti ada benda yang terjatuh. Setelah dicek ternyata bangunan tersebut sudah retak retak. Meski demikian, hingga berita ini ditulis belum diketahui penyebab pastinya, termasuk nilai kerugiannya.
Polisi dari Polsek Cimanggung yang langsung melakukan pengecekan melalui Bhabinkamtibmas langsung berkordinasi kepada ketua peguyupan Kani dan Kepala Desa Yayat Hidaya, agar kerusakan tersebut di laporkan ke kecamatan Cimanggung mengingat bangunan milik kecamatan dan berlokasi di Desa Cimanggung.***

3 COMMENTS