Hasil Musrenbang, ada kesepakatan rumusan skala prioritas

3 March 2016 11:11 WIB
 
0
loading...

Wakil Bupati H Eka Setiawan membuka Musyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Sumedang Tahun 2016 yang dilaksanakan di Gedung Negara, Rabu (2/3).
Musrenbang diikuti oleh Forkopimda, pimpinan SKPD, unsur Bappeda Provinsi Jawa Barat, unsur Bappeda daerah tetangga, instansi vertikal, organisasi kemasyarakatan dan profesi, LSM, perusahaan, serta delegasi Musrenbang Kecamatan dan SKPD. Sedangkan narasumber terdiri atas Deputi Pengembangan Regional dan Otda Bappenas RI, Direktur Perencanaan Pembangunan Daerah Ditjen Pembangunan Daerah Kemendagri, Kabid Ekonomi pada Bappeda Provinsi Jawa Barat, Kepala Bappeda Kabupaten Sumedang, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perikanan, dan Kepala Dinas Koperasi, UMKM Perindustrian dan Perdagangan.
Kepala Bappeda Kabupaten Sumedang Subagio selaku panitia penyelenggara kegiatan menyampaikan, tujuan Musrenbang adalah untuk membahas dan menyepakati hasil-hasil Musrenbang dari tingkat kecamatan dan SKPD serta merumuskan prioritas yang akan didanai oleh APBD Kabupaten, APBD Provinsi, APBN, dan sumber pendanaan lainnya.
“Hasil yang diharapkan adalah kesepakatan tentang rumusan kegiatan prioritas untuk menyempurnakan rancangan Rencana Kerja Pemerinta Daerah (RKPD) dan rancangan kerja RKPD,” ujarnya.

Wabup H Eka Setiawan ketika membuka acara mengatakan, secara substansial, RKPD 2017 merupakan RKPD Tahun ke-4 dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahap ke-3 sehingga penyusunannya tidak terlepas dari kebijakan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dengan Visinya yaitu Sumedang Sejahtera Agamis dan Demokratis (Sumedang Sehati) Tahun 2025.