Dua Rumah Sakit Umum Swasta Siap Dibangun

16 November 2016 02:21 WIB
 
2
Peresmian pembangunan kedua rumah sakit tersebut dilakukan oleh Bupati Sumedang H. Eka Setiawan dalam acara peletakan batu pertama, Senin (14/11).
Humas Setda Sumedang
Peresmian pembangunan kedua rumah sakit tersebut dilakukan oleh Bupati Sumedang H. Eka Setiawan dalam acara peletakan batu pertama, Senin (14/11).

SUMEDANGONLINE: Untuk memenuhi kebutuhan jumlah tempat tidur bagi pasien rawat inap, dua buah Rumah Sakit Umum Tipe C milik swasta akan hadir di inap di Kabupaten Sumedang. Peresmian pembangunan kedua rumah sakit tersebut dilakukan oleh Bupati Sumedang H. Eka Setiawan dalam acara peletakan batu pertama, Senin (14/11).

Lokasi peresmian pertama adalah Rumah Sakit Sumedang Medical Centre (SMC) yang terletak di Lingkungan Tegal Sari, Kelurahan Kota Kaler, Kecamatan Sumedang Utara atas inisiatif Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Sumedang. Sedangkan pengelolaannya berada di bawah PT Mitra Medica Sejahtera.

Ketua IDI Cabang Sumedang dr H. Hilman Taufiq W S dalam laporannya menyampaikan, latar belakang didirikannya kehadiran rumah sakit tersebut adalah keprihatinan IDI Cabang Sumedang atas tidak idealnya kapasitas rumah sakit dengan jumlah penduduk Sumedang. “Rasio ideal kebutuhan tempat tidur dengan penduduk berdasarkan standar WHO adalah 1:1000. Dengan demikian, penduduk Sumedang yang mencapai sekitar 1,2 juta jiwa membutuhkan sekitar 1.200 tempat tidur. Sementara RSUD berkapasitas 400 tempat tidur, RS Pakuwon 100 tempat tidur, dan RS Harapan Keluarga 40 tempat tidur. Jadi masih kurang sekitar 660 tempat tidur,” ujarnya.

Dikatakan olehnya, RS SMC dibangun di atas tanah 13.640 m² dengan luas bangunan 9.000 m² dan direncanakan mulai beroperasi pada tahun 2018. “Rencananya dibangun 3 lantai dengan kapasitas 200 tempat tidur.  Kami akan mengoptimalkan rumah sakit ini bisa beroperasi pada 2018,” ucapnya.

2 COMMENTS