Dua bayi kembar siam segera dioperasi

2 October 2016 20:17 WIB
 
0
Bupati Sumedang, saat menengok bayi kembar siam.
Humas Setda Sumedang
Bupati Sumedang, saat menengok bayi kembar siam.

SUMEDANGONLINE: Dua bayi kembar siam Devina dan Devani yang terlahir dempet di seputaran kaki bagian atas akan segera menjalani operasi pemisahan.
Rencana tersebut disampaikan dalam kunjungan Bupati H. Eka Setiawan dan Hj. Hanne Budhi Eka ke rumah pasangan Hendi dan Eni selaku orang tua kedua bayi tersebut di Dusun Panyirapan, Desa Mekarjaya, Kecamatan Sumedang Utara, Sabtu (1/10).
Turut hadir mendampingi Bupati, Kadis Kesehatan Retno Ernawati beserta jajaran, Direktur RSUD dr. Hilman Taufiq, dan Camat Sumedang Utara Dikdik Syeh Rizki. Kehadiran mereka adalah untuk memberikan dorongan moril dan materil khususnya kepada orang tua si kembar atas rencana operasi tersebut.
Meski terlahir dalam kondisi yang mengkhawatirkan, bayi bernama lengkap Devina Aulia Nurhasani dan Devani Aulia Nursadikin tampak sehat dan ceria, bahkan sudah mulai pintar bicara.
Menurut Kadis Kesehatan Retno Ernawati, proses pemisahan kedua bayi berumur 25 bulan tersebut akan dilaksanakan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung dalam waktu dekat. “Mereka (Devina-Devani) sudah masuk daftar tunggu untuk pelaksanaan operasi pemisahan. Tinggal menunggu konfirmasi dari pihak RSHS waktunya kapan,” terang Retno kepada Bupati.
Bupati berharap agar pihak keluarga bersabar dan mendapat kelancaran. “Semoga diberikan kekuatan dan kesabaran dalam menghadapi cobaan ini. Juga semoga diberikan kelancaran dan kemudahan saat pelaksanaan operasi nanti,” ujar Bupati.
Dirut RSUD dr. Hilman Taufiq menjelaskan bahwa ada ketentuan khusus dalam pelaksanaan operasi pemisahan tubuh antara lain pasien harus berusia minimal 2 tahun atau mempunyai berat badan 20 kg, dalam arti masing-masing 10 kg. “Jadi ada ketentuan mana yang tercapai lebih dahulu. Untuk Devina-Devani kebetulan usianya sudah lebih dari 2 tahun meskipun bobotnya kurang dari 20 kg, yakni baru 18 kg,” ungkapnya.
Dalam kesempatan tersebut, Bupati melalui Hj. Hanne Budhi Eka memberikan bantuan berupa paket Sembako dan sejulah uang tunai yang diserahkan langsung kepada Ny. Eni, ibu dari kedua bayi kembar tersebut. (*/hms)