Derita OTD Jatigede, Rp 50 ribu Sehari untuk Beli Air

11 August 2016 17:45 WIB
 
0
loading...

SUMEDANGONLINE, JATIGEDE : Warga terdampak Jatigede dari Desa Leuwihideung, Kecamatan Darmaraja yang di relokasi ke Dusun Cihegar Mekar, Desa Mekar Asih, Kecamatan Jatigede, mengeluh kesulitan mendapatkan air bersih. Selain itu lokasi di tempat relokasi itu pun minim sarana prasana, jalan masih beralaskan tanah dan penerangan listrik pun tidak ada. Mereka mengaku untuk penerangan listrik saat ini harus nyambung pada warga yang sudah teraliri listrik.
Bahkan untuk air bersih, warga harus merogoh kocek dalam-dalam karena satu torn air bersih yang dijual ke warga harganya cukup tinggi yakni Rp 50 ribu. Kuatkah mereka untuk membeli air yang hanya bisa dipakai selama dua hari.
Berikut wawancara Pitriyani (P) dari SumedangOnline dengan Romnah (R), perempuan berusia 65 Tahun itu mengaku setiap hari harus mengambil air bahkan sebelum di wawancara dia baru saja mengambil air untuk kebutuhannya sehari-hari. Berikut kutipan wawancaranya:

P : Apa sebenarnya yang paling diperlukan ibu dan masyarakat OTD Jatigede yang pindah kewilayah ini, sekarang?
R : Sekarang saya menginginkan air bersih, untuk mandi, cuci dan minum
P : Kalau sekarang untuk kebutuhan itu darimana?
R : Sekarang saya membeli, satu torn itu saya beli dengan harga Rp 50 ribu.
P : Itu bisa dipakai berapa lama?
R : Bisa dipakai dua hari. Hanya saja kalau tiap hari harus beli, ibu tidak mampu. Sekarang saja ibu sudah tiga kali bolak-balik mengambil air dari bawah (sumber air)
P : Jarak dari tempat ibu ke sumber air?
R : Tepatnya saya tidak tahu, hanya begini. Kalau saya mandi pagi, berangkat pukul 04.00, dan baru tiba lagi di rumah itu pukul 05. Ya, perkiraan ada satu jam, lebih kurang. Saya tidak kuat kalau terus bolak balik dengan medan seperti ini, kalau tidak pakai mobil atau motor. Makanya saya suka numpang pakai mobil atau motor?
P : Jarak tempuh satu jam itu jalan kaki atau pakai kendaraan?
R : Pakai motor atau mobil
P : Emang di daerah mana lokasinya?
R : Di daerah Selaawi, dan ada juga yang mengambil air bersih dari Cibadak
P : Emang di sini tidak ada sumber air bu
R : Tidak ada
P : Sumur?