Dampak Positif Banjir

12 March 2017 23:38 WIB
 
0

Banjir. Siapa yang belum pernah menfengarnya? Pasti hampir semua orang pernah mendengarmya. Banjir memang merupakan sebuah bencana alam yang merugikan banyak pihak. Bahkan banyak yang berkata bahwa banjir adalah salah satu bencana alam yang paling berbahaya. Bayangkan, hancurnya sarana dan prasarana, putusnya jalur tansportasi, lahan pertanian yang gagal panen, serta masih banyak lagi kerusakan-kerusakan yang merugikan banyak orang.
Dengan sederet kisah mengerikan itu, kita langsung berasumsi bahwa banjir adalah suatu bencana alam yang tidak ada manfaatnya. Padahal kalau kita kaji ulang, banjir juga memiliki dampak positif. Diantaranya:
Melatih Kreativitas
Ketika daerah yang terbiasa terkena banjir pasti masyarakatnya akan berfikir bagaimana cara agar bias mengatasi banjir tersebut. Munculah ide-ide di masyarakat tersebut seperti menutup sela-sela pintu dengan kayu, menaikan pondasi rumah dan sebagainya.
Meningkatkan Jiwa Sosialisasi Di Wilayah Tersebut
Pasti sudah tidak aneh lagi jika sesudah banjir aka ada sarana dan prasarana yang rusak, apalagi prasarana umum seperti masjid, pos yandu, poskamling, dan dll, jika prasana tersebut rusak hal ini akan membuat masyarakat bantu-membantu atau gotong royong untuk membersikan atau pun memperbaiki prasarana tersebut.
Mengingatkan Kita Untuk Mencintai Alam
Banjir bisa menjadi pengingat kita untuk tidak membuang sampah sembarangan, penebangan pohon secara sembarangan, kemudian pembangunan pabrik-pabrik yang tidak memikirkan sumber resapan air.
Jadi, sebenarnya positif atau tidaknya suatu kejadian bergantung pada sudut pandang kita sendiri, mau mengambil hikmahnya atau mau mengeluh saja.