Bupati Sumedang tinjau pembangunan tempat ibadah di relokasi OTD Jatigede

11 October 2016 07:52 WIB
 
0
Bupati Sumedang saat meninjau pembangunan masjid di Desa Sukamenak.
Pitriyani/sumedangonline
Bupati Sumedang saat meninjau pembangunan masjid di Desa Sukamenak.

SUMEDANGONLINE: Setelah menutup kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) Tahun 2016 di Desa Cikeusi Kecamatan Darmaraja, Senin (10/10/2016), Bupati H. Eka Setiawan melanjutkan kunjungan kerjanya ke lokasi pembangunan mesjid di beberapa tempat relokasi orang terkena dampak (OTD) Waduk Jatigede.
Dalam kunjungannya tersebut, Bupati H. Eka Setiawan didampingi Ketua Baznas Kabupaten Sumedang H. Ali Badjri beserta jajarannya, Kepala BPMPDKBPP H. Teddy Mulyono, Kepala Dipenda H. Sanusi Mawi, Kabag Kesra H. Agus Suherman, Kabag Tata Pemerintahan H. Tono Martono, dan unsur Forkopimka setempat.
Lokasi pertama yang dikunjungi oleh Bupati adalah Mesjid Al-Amanah di Dusun Munjul Desa Sukamenak Kecamatan Darmaraja. Selanjutnya rombongan Bupati menuju Mesjid Al-Ikhlas Blok Ciputat Dusun Pasirlempah Desa Sukamenak dan terakhir mengunjungi mesjid di Dusun Kampung Baru Desa Wado Kecamatan Wado yang belum diberi nama.
Progress pembangunan di ketiga mesjid tersebut rata-rata sudah mencapai sekitar 70 %. Di masing-masing lokasi, Bupati menyerahkan bantuan berupa 2 rol karpet sejadah dari Baznas Kabupaten Sumedang.
Ketua Baznas Kabupaten Sumedang H. Ali Badjri melaporkan bahwa hampir di semua tempat relokasi OTD belum terdapat sarana ibadah berupa mesjid. “Mereka tidak bisa melaksanakan ibadah di mesjid karena fasilitasnya belum ada, termasuk untuk Salat Jumat. Bahkan pada waktu Salat Tarawih, Idul Fitri dan Idul Adha mereka melaksanakannya di bawah tenda,” ucapnya.
Dikatakan, dari 13 lokasi pembangunan mesjid, baru 1 mesjid yang telah selesai pembangunannya yakni Mesjid Al-Jihad Dusun Jatimekar Desa Jemah Kecamatan Jatigede. “Untuk Mesjid Al-Ikhlas Blok Ciputat Dusun Pasirlempah penyelesaiannya akan dibantu oleh Baznas Provinsi Jawa Barat, begitu pula mesjid yang di Sirnasari. Sedangkan yang di Dusun Kampung Baru Desa Wado Kecamatan Wado semuanya dibiayai oleh donatur mulai dari awal sampai selesai. Insyaalloh satu bulanan lagi beres,” ujarnya.
Terkait dengan penanganan warga yang terkena bencana banjir dan longsor di Kecamatan Sumedang Selatan, pihaknya telah mendapatkan penawaran bantuan dari Baznas Provinsi Jawa Barat dan Baznas pusat dalam bentuk pembuatan rumah warga. “Baik Baznas Provinsi maupun Pusat sama-sama peduli dengan bencana yang terjadi di wilayah kita. Mereka berencana akan turut membangunkan tempat tinggal untuk warga yang rumahnya hancur terkena bencana,” tuturnya.
Oleh karena itu, H. Ali meminta kepada Pemkab Sumedang memberikan data korban bencana sesegera mungkin untuk dilaporkan. “Setelah datanya kami terima, kami akan segera melaporkannya untuk mengajukan bantuan pembangunan rumah. Untuk itu, mohon kerja samanya dari Pemkab Sumedang,” ucapnya.
Bupati H. Eka Setiawan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu dalam pembangunan sarana ibadah di wilayah relokasi. “Mesijd merupakan sarana sosial yang sangat vital bagi warga. Oleh karenanya, saya atas nama pemerintah menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah bersedia membantu pembangunan mesjid-mesjid tersebut,” ucapnya.
Bupati berjanji akan terus mengupayakan agar semua mesjid tersebut segera selesai pembangunannya. “Mudah-mudahan bisa cepat selesai. Kalau masih ada kekurangan segera laporkan agar bisa dibantu,” ujarnya.
Bupati juga mengharapkan agar warga OTD di tempatnya yang baru dapat segera beradaptasi dan tetap bersemangat untuk meningkatkan kesejahteraannya. “Diharapkan masyarakat OTD makin sejahtera khususnya dengan memanfaatkan keberadaan Waduk Jatigede ini,” tuturnya.
Ia juga menyambut baik tawaran bantuan dari Baznas dan akan segera menindaklanjutinya. “Nanti saya akan minta data korban bencana yang lengkap untuk diserahkan kepada Baznas Sumedang. Semoga upaya ini bisa meringankan saudara-saudara kita yang terkena bencana,” ucapnya.***