Bahaya PKI Jadi Tema Workshop FKUB

8 September 2016 17:52 WIB
 
0
Sekretaris Daerah H. Zaenal Alimin menjadi salah satu narasumber workshop yang digelar oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sumedang di Rumah Makan Ponyo Ciherang, Sumedang Selatan, Kamis (8/9).
Humas Setda Sumedang
Sekretaris Daerah H. Zaenal Alimin menjadi salah satu narasumber workshop yang digelar oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sumedang di Rumah Makan Ponyo Ciherang, Sumedang Selatan, Kamis (8/9).

SUMEDANGONLINE: Sekretaris Daerah H. Zaenal Alimin menjadi salah satu narasumber workshop yang digelar oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sumedang. Workshop yang bertemakan “Penanggulangan Bahaya Paham Komunis Gaya Baru dalam menciptakan Kerukunan dan Kedamaian Umat Beragama di Kabupaten Sumedang” tersebut berlangsung di Rumah Makan Ponyo Ciherang, Sumedang Selatan, Kamis (8/9).

Selain Sekda, hadir pula sebagai narasumber, Kepala Kantor Kementerian Agama Sumedang H. Hasen, Ketua FKUB Kabupaten Sumedang K. H. Syamsul Falah, Danramil Jatinangor Kapten Inf. Rudi Prasetyo, dan Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Rohayah Atang. Sedangkan peserta workshop adalah pengurus FKUB Kabupaten sumedang, perwakilan penyuluh agama, Ormas Islam, guru mata pelajaran PPKN, dan pengasuh Pondok Pesantren.

Adapun materi yang disampaikan meliputi Strategi Penanggulangan Bahaya Paham Komunisme di Indonesia dalam Bingkai NKRI, Pencegahan Bahaya Komunis di Indonesia menuju Kerukunan dan Kedamaian Umat Beragama di Kabupaten Sumedang, dan Peran Pemerintah Daerah dan Masyarakat dalam Mengatasi Bahaya Paham Komunis menuju Kerukunan dan Kedamaian Umat Beragama.

Dalam paparan yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah H. Zaenal Alimin disebutkan, tumbuhnya kembali paham Komunis disebabkan adanya sebagian masyarakat Indonesia yang telah kehilangan orientasi terhadap ideologi Pancasila sehingga memunculkan keinginan untuk mencari ideologi alternatif seperti Komunisme. “Tidak adanya lembaga khusus yang menangani pemasyarakatan ideologi Pancasila dan rapuhnya semangat wawasan kebangsaan turut memunculkan komunitas masyarakat yang rentan terhadap paham komunis,” ujarnya.