1500 Rumah di Cibiruhilir Terendam Banjir

8 June 2016 19:26 WIB
 
1
loading...

Sumedangonline: Sekitar 1500 rumah warga di Desa Cibiruhilir, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung terendam banjir.
Adapu rumah warga yang terendam banjir yakni, Komplek Bumi Harapan dan Asrama Polisi (Aspol) Cibiru, Desa Cibiru Hilir, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.
Berdasarkan data yang dihimpun Jurnalbandung.com. Sebelumnya kawasan tersebut diguyur hujan pada, Selasa (7/6) sekira pukul 17.00. Serta meluapnya Sungai Cipariuk karena tidak dapat menampung volume air sehingga terjadi banjir.
Kepala Desa Cibiru Hilir, M. Yunus Hikam mengatakan, ada beberapa faktor terjadinya banjir, salah satunya kondisi Sungai Cipariuk sudah dangkal dan saluran sungai tidak dapat menampung volume air karena mengalami penyempitan dan sedimentasi.
“Ketinggian air banjir berbeda-beda di beberapa titik, ada yang mencapai 1 meter dan 1,5 meter. Warga sudah mengevakuasi barang-barang beharganya ke tempat yang lebih aman,” kata Yunus kepada Sumedangonline.com Rabu,(8/6).
Yunus mengatakan, ada 8 RW yang terendam banjir diantaranya, RW 10 di Aspol, sedangkan di Bumi Harapan yang terendam banjir RW 07, 08, 09,11, 13, 14, 16.
“Ini banjir terbilang besar jika di lihat dengan kejadian sebelumnya, apalagi posisi letak geografis wilayah yang terkena banjir itu rendah,” katanya.
Yunus berharap, normalisasi Sungai Cipariuk segera terealisasi. Pasalnya, sungai dengan lebar kurang lebih empat meter tersebut sedimentasinya sudah hampir sama dengan permukaan jalan.
Sementara, Anto (29) salah seorang penghuni Aspol Blok A N0 18 berharap, kepada pihak terkait untuk kedepannya ada perbaikan atau mengerukan sungai agar tidak terjadi lagi luapan air.
“Kalau saluran airnya normal, air dapat mengalir dengan baik,” ujarnya.

1 COMMENT